arnews.id
arnews.id Media Online

WHO: Tak Ada Lagi Rumah Sakit Yang Berfungsi Di Gaza

62

arnews – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Kamis (21/12) mengatakan bahwa Gaza utara tidak lagi memiliki rumah sakit yang berfungsi, karena kurangnya sumber daya di tengah serangan Israel masih terjadi.

“Tidak ada rumah sakit fungsional yang tersisa di utara. Al-Ahli adalah rumah sakit terakhir tetapi sekarang tidak berfungsi maksimal dan masih merawat pasien tetapi tidak menerima pasien baru, bersama dengan rumah sakit Al-Shifa, Al-Awda, dan Al-Sahaba. Rumah sakit ini masih melindungi ribuan pengungsi,” jelas Richard Peeperkorn, perwakilan WHO di wilayah pendudukan Palestina, dalam konferensi pers di Jenewa, dilansir Anadolu, Kamis (21/12).

Peeperkorn mengatakan, tidak ada rumah sakit berarti bahwa hanya sembilan dari 36 fasilitas kesehatan yang berfungsi sebagian di seluruh Jalur Gaza, di mana semuanya berada di wilayah Selatan.

“Sekarang, Al-Ahli adalah sebuah rumah sakit,” katanya, seraya menamb ahkan bahwa itu adalah satu-satunya rumah sakit di mana orang yang terluka bisa mendapat penanganan operasi di Gaza utara hingga dua hari yang lalu.

“Tetapi ruang operasi sudah tidak ada lagi karena kekurangan bahan bakar, listrik, pasokan medis dan tenaga kesehatan, termasuk dokter bedah dan dokter spesialis lainnya,” katanya.

“Rumah sakit tersebut sudah tidak berfungsi sama sekali dan saat ini hanya berfungsi sebagai rumah perawata, tanpa atau sangat sedikit layanan perawatan yang disediakan,” tambah Peeprekorn.

Dia menuturkan bahwa RS Al-Ahli berada dalam kekacauan total, penuh sesak dan merupakan zona bencana. Peeperkorn mengungkapkan, lebih dari 20 staf rumah sakit Al Ahli ditangkap pada Senin (18/12), di mana enam orang di antaranya telah dibebaskan dan terpaksa pindah ke Selatan.

Namun, kata dia, tidak ada informasi mengenai mereka yang masih ditahan. Dia mendesak semua pihak berkonflik untuk menghormati hukum kemanusiaan internasional dan melindungi pekerja kesehatan, pasien, fasilitas keselahatan, dan ambulans setiap saat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.