arnews.id
arnews.id Media Online

Kalahkan Korsel Lewat Adu Penalti, Indonesia Ke Semifinal Piala Asia U-23

150

arnews – Timnas Indonesia U-23 menang atas Korea Selatan pada laga perempat final Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah Bin Khalifah, Doha, Qatar, Jumat (26/4) dini hari.

Korea Selatan sempat mmbobol gawang Indonesia melalui Lee Kang Hee, namun wasit menganulir setelah mendapat masukan dari VAR bahwa ada pemain Korea yang berada di posisi offside dalam proses gol.

Sepakan indah Rafael Struick dari luar kotak penalti membobok gawang Bek Jong Bum yang tidak bisa menggapai bola pada menit ke-16. Sebelumnya ada kolaborasi Marselino Ferdinan, WItan, dan Struick.

Pada menit terakhir waktu normal babak pertama Korea Selatan menyamakan kedudukan. Sundulan Eom Jin Sung mengenai kepala Komang Teguh dan bola meluncur ke gawang Indonesia dan skor menjadi sama kuat 1-1.

Tiga menit berselang Timnas Indonesia U-23 kembali memimpin berkat gol kedua Struick menyelesaikan umpan Ivar Jenner.

Setelah skor 2-1 pada babak pertama, Indonesia memiliki cukup banyak peluang pada 15 menit awal melalui Struick, Arhan, dan Marselino. Di sisi lain serangan Korsel pun tak kalah berbahaya.

Pada menit ke-68 wasit Evans memberi kartu merah kepada Lee Young Jun yang menekel Hubner.

Kurang jumlah pemain Korsel justru lebih bisa menekan pertahanan Indonesia dan mampu menghasilkan gol pada menit ke-84. Jeong Sang Bin menuntaskan serangan balik usai memanfaatkan umpan Hing Yun Sang. Skor 2-2.

Kejadian menarik terjadi pada waktu tambahan babak pertama, pelatih Korea Hwang Sun Hong diusir wasit dari bangku cadangan karena melakukan protes terlalu berlebihan.

Skor 2-2 hingga waktu normal mambuat laga berlanjut ke babak tambahan.

Indonesia memiliki peluang-peluang untuk mencetak gol melalui Nathan Tjoe-A-On, Kelly Sroyer, dan Justin Hubner, namun gagal menghasilkan gol.

Tak ada gol tercipta hingga akhir dua kali babak tambahan. Pertandingan harus ditentukan melalui adu penalti.

Kim Min Woo menjadi eksekutor pertama dan berhasil menjaringkan bola ke gawang Ernando. Skor sama setelah Ramadhan Sananta bisa menuntaskan tugasnya dengan baik.

Ernando hampir bisa menggagalkan sepakan Le Kang Hee, namun bola tetap masuk ke gawangnya. Pratama Arhan lalu menyemakan kedudukan.

Hwang Jae Hoon menjadi penendang ketiga Korsel dan mampu mengoceh Ernando. Struick yang maju sebagai penedang ketiga Indonesia berhasil menjalankan tugasnya dan skor kembali imbang.

Byun Jun Soo menendang bola ke arah yang tidak bisa dijangkau Ernando. Sepakan Justin Hubnr bissa digagalkan Bek Jong Bum, namun penalti harus diulang karena penjaga gawang Korsel itu bergerak mendahului sepakan Hubner. Tendangan kedua Hubner berhasil menjebol gawang Korsel.

Eksekusi  Kang Sang Hyun dari Korsel dan Kelly Sroyer pada tendangan keenam membuat skor masih sama kuat.

Hong Yun Sang mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan membobol gawang Garuda Muda. Namun Rizky Ridho berhasil membalas dengan sepakan ke tengah gawang.

Chi Hyun Taek melepaskan tendangan keras yang membuat Ernando memungut bola dari gawangnya. Namun Ernando membalas dengan sepakan mendatar ke arah kanan gawang Korsel.

Kim Woo kembali maju sebagai penendang untuk Korsel dan berhasil menjalankan tugasnya. Sananta pun berhasil membalas dengan sepakan keras yang gagal di hadang kiper.

Lee Kang yang sebelumnya berhasil membobol gawang Ernando, kali ini harus menelan pil pahit setelah sepakannya mampu dihadang dengan baik. Arhan menjadi penentu kemenangan dengan sepakan terarah dan membuat Indonesia berhasil menang atas Korea Selatan dengan skor 11-10.

Leave A Reply

Your email address will not be published.