arnews.id
arnews.id Media Online

Media Asing: Indonesia Bisa Dicoret Dari Kualifikasi Piala Dunia 2026

306

arnews – Media asing menyoroti hukuman yang bisa diterima Indonesia sebgai imabas dari pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA.

Salah satunya adalah media asal Amerika Serikat, Associated Press (AP), yang menyebut PSSI berpotensi mendapat hukuman berat dari FIFA.

Hukuman yang bisa diterima Indonesia sebagai akibat dari pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 ini adalah absen di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Piala Dunia 2026 akan digelar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

“Jika Indonesia gagal menyelesaikan masalah tuan rumah terkait dengan Israel, federasi sepak bola nasional beresiko diskors oleh FIFA,” tuils AP.

“Sanksi itu dapat menghapus Indonesia dari Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang akan dimulai Oktober,” lanjut tulisan AP.

Middle East Monitor (Memo) yang fokus pada konflik Israel dan Palestina melaporkan pembatalan drawing Piala Dunia U-20 2023 bisa berujung pada pencabutan status tuan rumah turnamen tersebut.

“Keputusan FIFA tersebut merupakan langkah awal dan dapat diikuti dengan keputusan lain yang berujung pada pencabutan hak Indonesia sebagai tuan rumah turnamen tersebut,” ucap Memo.

Sementara itu jaringan televisi Prancis, France24, menuliskan soal insiden kelam Tragedi Kanjuruhan dan masa-masa sulit Indonesia saat dihukum FIFA pada 2015 silam.

“Pihak berwenang mencoba perlahan-lahan membangun kembali negara itu setelah FIFA menangguhkannya dari sepak bola internasional pada tahun 2015 selama setahun karena campur tangan pemerintah dalam asosiasi dommestik,” kata France24.

Leave A Reply

Your email address will not be published.