arnews.id
arnews.id Media Online

Ukraina Serukan Larangan Warga Rusia Ke Negara Barat, Putin: Tak Masuk Akal

44

arnews – Presiden Rusia Vladimir Putin menentang seruan Presiden Volodymyr Zelensky untuk melarang warga Rusia untuk berpergian ke Eropa sebagai hukuman atas invasinya ke Ukraina.

Juru bicara Putin, Dmitry Peskov, mengatakan Rusia tidak mungkin diisolasi dari seluruh dunia.

“[seruan Zelensky] tidak rasional. Eropa pada akhirnya yang memutuskan apakah mereka rela membayar harganya hanya untuk memenuhi keinginan [Zelensky],” kara Peskov dikutip dari Reuter pada Selasa (9/8).

Pernyataan itu diutarakan Kremlin menanggapi desakan Zelensky kepada Negara Barat agar menjatuhkan sanksi berupa larangan berpergian terhadap warga Rusia.

Zelensky menginginkan larangan berpergian warga Rusia berlaku selama satu tahun dan pengusiran nyata terhadap orang Rusia yang tinggal di Barat sehingga mereka dapat hidup “di dunia mereka sendiri sampai mengubah filosofi mereka.”

Dalam wawancara dengan The Washington Post, Zelensky juga mengeluhkan sanksi yang dijatuhkan sejauh ini oleh Barat kepada Rusia terlalu lemah. Itu terbukti dengan gelagat Rusia yang masih saja menggempur Ukraina.

“Apa pun orang Rusia … buat mereka pulang ke Rusia. Mereka akan mengerti kalau begitu. Mereka akan berkata ‘(perang) ini tidak ada hubungannya dengan kita. Seluruh penduduk tidak dapat dimintai pertanggungjawaban, bukan?’ Bisa.” Kata Zelensky.

Zelensky mengatakan larangan itu juga harus diperluas bagi warga Rusia yang telah melarikan diri sejak awal perang pada akhir Februari karen ridak setuju dengan Presiden Vladimir Putin

Leave A Reply

Your email address will not be published.