arnews.id
arnews.id Media Online

TNI AL Ganti Alusista Kuno Tambah 9 Kapal Perang Baru

80

arnews – TNI Angkatan Laut (AL) menambah sembilan kapal perang jenis land ship tank (LST) untuk memoderenisasi kapal jenis serupa yang berusia tua.

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyatakan pihaknya akan kembali menghitung kebutuhan kapal demi pemenuhan target Kekuatan Pokok Minimum alias MEF di masa depan.

“Jadi di tahun 2022 sudah pas sembilan, itu kan proyek untuk mengganti alusista kita khususnya LST yang sudah lama. Ini kapal terakhir,” kata Yudo di JICT 2, Tanjung Priuk, Jakarta Utara, Senin (8/8).

Salah satu jenis LST yang akan menambah kekuatan TNI AL adalah KRI Teluk Calang-524 yang diresmikan Senin.

Berdasarkan catatan, sejumlah kapal lain yang telah terlebih dulu menjadi milik TNI AL adalah KRI Youtefa-322 dan KRI Palu-523. Ada juga KRI Teluk Weda-526, KRI Teluk Wondama-527 dan beberapa KRI lainnya.

KRI Teluk Calang merupakan kapal angkut tank yang dipesan TNI AL di Galangan PT Daya Radar Utama, lampung. Kapal ini nantinya akan memperkuat ajaran Komando Lintas laut Militer (Kolinlami)

KRI Teluk Calang memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter dan draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan jelajah 14,8 knots dan kecepatan ekonomis 13,6 knots.

Direktur Utama PT Daya Radar Utama, John Wijanarko mengatakan kapal itu telah memalui serangkaian uji coba dalam pembangunannya. Seperti uji fungsi embarkasi dan debarkasi tank leopard hingga pendaratan helokopter.

“Kami berharap Kapal Teluk Calang-524 dapat berguna serta menunjang tujuan operasional Angakata Laut,” kata John.

Leave A Reply

Your email address will not be published.