arnews.id
arnews.id Media Online

Tingkatkan Pelayanan Persampahan, DLH Cilegon Siapkan Jerapah

36

Cilegon, arnews – Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon terus meningkatkan pelayanan persampahan diseluruh wilayah kota Cilegon, tentu saja tujuan peningkatan pelayanan itu dilakukan agar kota Cilegon menjadi bersih dari sampah ,yang membuat masyarakat merasa nyaman ketika berada di lingkungannya dan di berbagai fasilitas umum lainnya.

Melalui program Bersih –bersih yang dimulai sejak Bulan Juli 2022 lalu, Dinas Lingkungan hidup Kota Cilegon telah berhasil membersihkan beberapa saluran air, kali, bahkan Situ Rawa Arum pun termasuk yang sudah terjadwalkan dalam program Bersih – bersih itu sendiri, dan saat ini masyarakat dapat menikmati keindahan di Situ Rawa Arum karena sudah bersih dari sampah. Hal itu tidak lepas dari komitmen Plt.Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Ahmad Aziz Setia Ade Putra beserta seluruh jajaran di Dinas Lingkungan Hidup Kota Cilegon ,yang mengedepankan pelayanan prima untuk masyarakat.

Dalam mengedepankan pelayanan prima itulah, Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Cilegon, saat ini tengah menyiapkan inovasi Jemput Ragam Sampah (Jerapah). Inovasi Jerapah ini digagas sendiri oleh Ahmad Aziz. Ia melihat dari beberapa masalah yang ada di masyarakat, seperti kurangnya disiplin masyarakat terhadap kebersihan, tingkat pelayanan kebersihan yang belum maksimal, masih adanya timbulan sampah yang belum tertangani, sampai turunnya kualitas kesehatan masyarakat. Hal itulah yang kemudian mendorong Ahmad Aziz menciptakan Ide Inovasi Jerapah sebagai solusi yang dapat menangani permasalahan diatas.

“ Tujuan Inovasi Jerapah ini, yang pertama agar lingkungan diseluruh wilayah kota Cilegon menjadi bersih, kemudian dapat mempercepat pelayanan kebersihan dan memperbanyak Tempat Pembuangan Sementara (TPS), serta dengan adanya Jerapah ini dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah”, terang Ahmad Aziz saat ditemui arnews (21/11) diruang kerjanya.

Dari Inovasi Jerapah itu diharapkan adanya target perubahan, yang meliputi pelayanan kebersihannya dapat menjangkau lingkungan diseluruh wilayah kota Cilegon, kemudian waktu pelayanan kebersihan menjadi lebih cepat serta dapat meningkatnya disiplin masyarakat dalam hal kebersihan.

Ahmad Aziz juga menjelaskan apa itu Jerapah, serta kebaruan apa yang ada pada Jerapah, “Inovasi Jerapah ini berupa Aplikasi, dimana nantinya masyarakat dapat melaporkan adanya sampah liar dimana saja dengan menggunakan aplikasi Jerapah ini, kemudian setelah masyarakat melaporkan, akan ada petugas pelayanan persampahan yang datang menjemput sampah ke lokasi yang dilaporkan tadi, untuk di proses di TPSA, dan aplikasi ini juga tersedia layanan jemput sampah yang memiliki nilai ekonomis. Sedangkan kebaruannya adalah pelayanan persampahan di Cilegon ini ditingkatkan dengan menggunakan teknologi informasi, yang dapat memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan informasi persampahan bahkan didalamnya ada juga beberapa layanan lainnya seputar persampahan dan lingkungan hidup. Insya Allah dalam waktu dekat Jerapah ini akan kami luncurkan ”, jelasnya.ADV (sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.