arnews.id
arnews.id Media Online

Terpilih Kembali Jadi Ketua DPC Pertuni Cilegon Adik Rifa’i Siap Jalankan Program

155

CILEGON – Adik Rifa’i terpilih kembali menjadi ketua Persatuan Tunanetra Indonesia(Pertuni) cabang kota Cilegon periode 2021 -2026 setelah dalam Musyawarah Cabang(Muscab) secara aklamasi ia di daulat kembali untuk menduduki jabatan tersebut.

Muscab yang mengusung tema Bercahaya dalam keterbatasan menjadikan Cilegon yang ramah Difabel netra menuju Cilegon Baru, Maju, Modern dan Bermartabat tersebut berjalan dengan hikmat dan turut hadir Dewan Pertimbangan Cabang(Depercab) Kota Bayu Panatagama dan puluhan anggota Pertuni sekota Cilegon.

Bayu Panatagama Depercab Pertuni Kota Cilegon menuturkan bahwa masyarakat berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas memiliki banyak kemampuan dan kreatifitas yang belum tentu dimiliki masyarakat non difabel.

Kreatifitas dan kemampuan mereka akan terus terbentuk dan berkembang dengan pesat dalam mendukung program-program kerja pemerintah, apabila mendapat kesempatan pelatihan maupun kegiatan yang diberikan oleh Pemerintah maupun komponen lainnya.

Dikatakannya bahwa masyarakat penyandang disabilitas tunanetra juga bisa berkarya mendukung pemerintah dalam berbagai hal, baik seni, budaya, sosial, dan olahraga maupun kreatifitas lainnya.

“Sebenarnya tunanetra juga bisa berkarya dengan segala keterbatasan, apabila diberi kesempatan yang leluasa. Karena ketika kami diberi kesempatan leluasa kami juga bisa berbuat untuk negeri ini, bangsa ini, bahkan daerah kita di Propinsi Banten khususnya di Kota Cilegon,” ungkap Bayu.

Dirinya menegaskan, tunanetra dengan segala keterbatasannya telah ikut mendukung program-program kemasyarakatan baik dibidang kesenian, sosial dan budaya, pendidikan, kesehatan, maupun olahraga, serta keahlian lainnya yang belum tentu dimiliki masyarakat non difabel. Salah satu bentuk nyata kreatifitas mereka adalah dengan terbentuknya group band yang beranggotakan difabel tunanetra dan diberi nama DisNet Band (Disabilitas Netra Band).

Bayu berharap kegiatan muscab kali ini bisa memberikan gambaran kepada masyarakat maupun pemerintah bahwa, tunanetra juga bisa berkarya dengan segala keterbatasannya.

“Ketika kami diberikan kesempatan kami juga bisa berbuat untuk Negeri ini. Dan harapan kami, pelayanan publik yang ada semakin ramah Disabilitas sehingga kami tetap berkarya dalam mendukung pembagunan di Bangsa ini,” tegasnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus Cabang Pertuni Kota Cilegon yang terpilih Adik Rifa’i berharap kepada Pemerintah Kota Cilegon lebih memperhatikan para penyandang disabilitas tuna netra dan mendorong kepada DPRD Kota Cilegon agar di Kota Cilegon memiliki Peraturan Daerah Perlindungan dan Pemenuhan Hak Disabilitas.

“Hal lain yang diharapkan juga memperhatikan pembangunan yang aksesilitas di fasilitas umum, serta menyediakan sebuah sekertariat tetap agar para tunanetra lebih leluasa berkumpul, berdiskusi dan melakukan kegiatan-kegiatan positif dalam mendukung program pemerintah,” pungkasnya.(Aj)

Leave A Reply

Your email address will not be published.