arnews.id
arnews.id Media Online

Suami-Istri Tewas Diserang Beruang Grizzly Saat Hiking Di TN Kanada

69

arnews – Pasangan suami istri ini harus berakhir tragis saat tengah hiking di Taman Nasional Banff, Kanada, pada Jumat (29/9). Keduanya tewas setelah diserang seekor berjuang grizzly.

Korbannya bukan hanya pasangan suami istri ini, tapi juga anjing peliharaan mereka juga ikut tewas dalam serangan beruang tersebut.

Dikutip dari New York Post, Rabu (4/10), Petugas Taman Nasional Banff behasil melacak keberadaan pasangan ini, usai pihak Park Canada Dispatch menerima peringatan dari perangkat GPSinReach yang mengindikasikan adanya serangan beruang.

Asal titik peringatan itu berada di Lembah Sungai Red Deer, sebelah barat Peternakan Ya Ha Tinda. Lembah tersebut merupakan sebuah wilayah terpencil.

Petugas Taman Nasional Banff merespons peringatan dengan mengirim tim penanganan satwa liar, yang tiba pukul 01.00 waktu setempat. Sayang, ketika para Petugas tiba, dua pendaki ditemukan sudah tewas beserta anjing peliharaan mereka.

Namun, beruang grizzly sendiri tampak masih berada di dekat kawasan di mana pasangan suami istri itu ditemukan tewas. Perilaku agresif itu  membuat Petugas taman nasional menyuntik mati beruang grizzly, dengan alasan keselamatan public.

Petugas kemudian mengidentifikasi korban lalu menghubungi pihak keluarga. Salah satu anggota keluarga pasangan ini mengungkapkan bahwa kedua korban merupakan pecinta alam.

“Mereka hidup di pedalaman dan merupakan dua orang yang paling waspada yang pernah saya kenal. Memreka juga tahu protocol beruang dan mengikutinya,” kata seorang anggota keluarga.

Petugas masih melakukan penyelidikan untuk mengetahui rincian serangan beruang terhadap pasangan itu dan anjing peliharaan mereka.

Kim Titchener, seorang pendiri organisasi Bear Safety & Moer yang berbasis di Alberta Kanada, menilai pasangan ini kemungkinan mengejutkan beruang dari jarak yang sangat dekat dan mengarah pada serangan defensif.

“Mungkin ketika korban tengah mendaki atau mendirikan kemah saat bertemu beruang. Terlebih beruang aktif saat senja,” kata Titchener

Taman Nasional Banff sendiri sudah sejak lama dikenal sebagai tempat hiking bagi para wisatawan, karena memiliki pemandangan alam yang indah. Pihak taman nasional mengucapkan belasungkawa melalui lama Facebook resmi mereka.

“Ini merupakan kejadian tragis dan Park Canada ingin menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada keluarga dan teman para korban,” bunyi pernyataan tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.