arnews.id
arnews.id Media Online

Spanyol Dukung Palestina Merdeka: Jaminan Perdamaian

35

arnews – Spanyol menyatakan dukungannya untuk mengakui Palestina sebagai sebuah negara merdeka “dalam waktu dekat”.

Hal itu diutarakan Menteri Luar Negeri Spanyol Jose Manuel Albares dalam wawancara bersama dengan radio nasional RNE pada Kamis (23/11).

Albares mengatakan Spanyol mendukung pengakuan negara Palestina yang setara dan layak “dalam waktu dekat.”

“Keberadaan negara Palestina akan menjadi jaminan terbaik bagi perdamaian di Timur Tengah,” kata Albares dikutip dari Reuters.

Dalam kesempatan itu, Albares juga memaparkan Spanyol siap turun tangan membantu menyelesaikan konflik Israel dan Palestina dan menggelar konferensi perdamaian terkait masalah ini.

Pernyataan Albares itu muncul kala agresi Israel ke Palestina kembali sejak 7 Oktober imbas perangnya dengan milis Hamas.

Meski Israel dan Hamas telah menyepakati perjanjian gencatan senjata pada Rabu (22/11), penerapan jeda pertempuran selama empat hari ini tertunda akibat masih ada beberapa hal yang disebut belum jelas dari kedua belah pihak.

Selain itu, walau telah menyepakati gencatan senjata, Israel juga masih menggempur wilayah Gaza termasuk sekolah, kamp pengungsi, dan rumah sakit.

Per Rabu (22/11), Kementerian Kesehatan di Gaza korban tewas akibat agresi Israel mencapai 14.128 orang. 5.600 di antara korban tewas adalah anak-anak, dan 3.3550 korban perempuan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.