arnews.id
arnews.id Media Online

Solidaritas Untuk Palestina, Maladewa Larang Turis Israel

29

arnews – Maladewa, negara republik Islam yang dikenal dunia karena keindahan alamnya, akan melarang kunjungan warga negara Israel. Hal ini diumumkan pemerintahan setempat pada Minggu (2/6) yang sekaligus menyatakan unjuk rasa nasional sebagai solidaritas bagi Palestina.

Berdasarkan pernyataan juru bicara pemerintahan di keterangan resmi, Presiden Mohamed Muizzu telah memutuskan memberlakukan larangan terhadap paspor Israel. Walau demikian tak ada rincian kapan kebijakan baru ini berlaku.

Muizzu juga mengumumkan kampanye penggalangan dana nasional untuk rakyat Palestina.

Maladewa, negara dengan lebih dari 1.000 pulau karang, pasir putih dan laguna biru kkehijauan yang dangkal, sudah mencabut larangan terhadap wisatawan Israel pada awal 1990-an.

Sejak saat itu kedua negara mulai memulihkan hubungan pada 2010 tetapi normalisasi akhirnya terhenti setelah Presiden Mohamed Nasheed terguling pada Februari 2012.

Partai-partai opsisi dan sekutu pemerintah di Maladewa telah memberi tekanan pada Muizzu untuk melarang wisatawan Israel sebagai tanda protes atas perang Gaza.

Kementerian Luar Negeri Israel telah merespons kebijakan baru ini dengan mendesak warga negaranya menghindari perjalanan ke Maladewa dan yang sedang berada di sana dimminta pergi.

“Bagi Warga negara Israel yang tinggal di negara tersebut, disarankan mempertimbangkan pergi, karena jika mereka mengalami kesulitan karena alasan apa pun, akan sulit bagi kamu untuk membantu,” kata juru bicara kementerian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.