arnews.id
arnews.id Media Online

Situasi Timteng-Ukraina Makin Panas, KSAL Akan Perkuat Kekuatan Drone Tempur

79

arnews – Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali berencana mengembangkan Skadron Udara 700 Pusat Peberbangan TNI AL (Puspenerbal) yang saat ini mengoperasikan unnamed areal vehicle (UAV) atau pesawat nirawak (drone).

Ia berharap kekuatan UAV AL akan semakin meningkat. Dia mengatakan hal demikian Merujuk pula situasi pertempuaran global yang terjadi di Ukraina hingga Timur Tengah saat ini.

“Dengan kemajuan peperangan saat ini yang kita ihat di Ukraina, di Timur Tengah, di Palestina, itu bagaimana drone sangat efektif digunakan dalam peperangan,” kata Ali kepada wartawan usai sertijab tiga jabatan strategis TNI AL di Mabes Angkatan Laut, Jakarta Timur, Kamis (26/10).

Salah satu jabatan strategis yang dipimpin sertijab-nya oleh Ali adalah Komandan puspenerbal dari Laksda Imam Musani kepada Laksma Sisyani.

Imam selanjutnya bakal menduduki jabatan Staf Khusus KSAL. Sementara Sisyani sebelumnya adalah Staaf Khusus KSAL. Dengan jabatan barunya ini, Sisyani akan naik pangkat jadi bintang dua atau Laksda.

Ali mengatakan Puspenderbal saat ini sudah memiliki sejumlah UAV baik impor maupun lokal. Dan itu sambungnya, akan dikembangkan untuk memperkuat kekuatan tempur drone TNI AL.

Bukan hanya menegaskan Puspenerbal untuk menguasaii Teknologi UAV, Ali pun ingin jajarannya memperhatikan prestasi dan jenjang karier prajuritnya.

“Tentu saja Pusoenerbal harus menguasai ini, dan prestasi dan jenjang karier mereka juga kami perhatikan khusus dalam pengawasan pilot-pilot tanpak awak,” kata Jendral bintang empat itu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.