arnews.id
arnews.id Media Online

Setelah Amerika Serikat, Kini Inggris Kirim Rudal Jarak Jauh Ke Ukraina

309

arnews – Inggris menjadi negara yang paling sering mengirimkan bantuan militer ke Ukraina setelah Amerika Serikat (AS). Setelah AS mengirimkan rudal jarak jauh tidak lama Inggris memastikan akan mengirim bantuan yang sama.

Seperti berita yang beredar, AS mengirim Multiple launch rocket system atau MLRS tipe M142. Sedangkan inggris akan mengirim senjata yang sama hanya berbeda versi yaitu M270.

Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallce, menyatakan senjata ini diharapkan bisa merusak artileri milik Rusia yang memborbardir beberapa wilayah Ukraina. Ben juga mengatakan pengiriman bantuan ini karena Rusia telah merubah taktik untuk menyerang Ukraina dan Inggris ingin memberikan dukungan untuk Kyive.

Namun Ben juga mengingatkan Ukraina untuk menggunakan bantuan untuk tidak menyerang wilayah Rusia.

“Senjata itu harus dipakai untuk mempertahankan Ukraina, di wilayah pertahanan Ukraina. kami punya keyakinan bahwa senjata itu akan digunakan dengan semestinya,” kata sumber milier inggris dikutip dari CNN.

“Ukraina sudah lama meminta sistem yang memungkinan mereka meyerang tentara Rusia dan jarak yang lebih jauh, menyatakan bahwa itu penting untuk bertahan dan melancarkan serangan balik,” kata Financial Times.

Rusia telah mendapat kemajuan di Donbas beberapa hari kebelakangan ini. Ukraina diyakini akan menggunakan senjata bantuan itu untuk memukul mundur pasukan Rusia.

“Sistem rudal jarak jauh Amerika ini tidak hanya lebih jauh jangkauanya tapi juga lebih kuat dari Howitzers, drone tempur, rudal anti tank dan rudal anti serangan udara yang telah disuplai negara-negara Barat sejauh ini,” jelas Financial Times.

Leave A Reply

Your email address will not be published.