arnews.id
arnews.id Media Online

Sambut Kim Jong Un Di Situs Roket, Putin: Senang Bertemu Anda

96

arnews – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Rusia Vladimir Putin tiba disebuah situs peluncuran roket luar angkasa Rusia yang terpencil untuk menggelar pertemuan bilateral, pada Rabu (13/9) pagi waktu setempat.

Lokasi pertemuan Putin dan Kim Jong Un itu merupakan Pusat Penelitian Luar Angkasa Rusia yang terletak di kota terpencil Vostochny Cosmodrome, timur Rusia.

Rekaman video yang dirilis Rusia memperlihatkan Kim Jong Un turun dari kereta api mewah Taeyangho. Cuplikan ini diperkirakan diambil ketika Kim Jong Un tiba di Rusia pada Selasa pagi setelah menempuh 20 jam lebih perjalanan menggunakan kereta dari Pyingyanng.

Dalam rekaman yang sama, Kim Jong Un terlihat turun dari sebuah sedan hitam di depan Pusat Penelitian Luar Angkasa disambut oleh Putin.

“Halo, senang bertemu dengan Anda, bagaimana perjalanan Anda sejau ini,” kata Putin kepada Kim Jong Un dalam video tersebut.

“Terima kasih telah mengundang kami dan menyambut kami di tengah kesibukan Anda,” jawab Kim Jong Un dikutip dari CNN.

Putin dan Kim Jong Un terlihat langsung memasuki situs roket tersebut. Kedua pemimpin negara diperkirakan akan membahas kesepakatan jual beli senjata yang belakang ramai diperbincangkan.

Rusia disebut tengah membujuk Korut agar menjual senjatanya kepada Moskow untuk memenuhi kebutuhan perang di Ukraina.

Sebab, Rusia masih dihadapkan dengan sanksi dan isolasi komunitas internasional akibat agresinya ke Ukraina Sehingga mendapat akses ke pasar senjata dunia.

Lawatan Kim Jong Un ini pun semakin meningkatkan asumsi bahwa kedua negara bakal menyepakati perjanjian senjata dalam waktu dekat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.