arnews.id
arnews.id Media Online

Roket Jepang Space One Meledak Usai Lepas Landas Menuju Orbit

37

arnews –  Roket Kairos kecil berbahan bakar padat milik Space One Jepang meledak tak lama setelah diluncurkan pada Rabu (13/3).

Insiden ini terjadi kala roket Space One itu dalam perjalananan perdana ke luar angkasa dan perusahaan tersebut berupaya menjadi yang pertama di jepang menempatkan satelit di orbit.

Roket berbahan bakar padat empat tahap sepanajng 18 meter itu meledak beberapa detik setelah lepas landas setelah pukul 11.01 waktu setempat.

Dikutip Reuters, ledakan roket memicu asap besar dan api di dekat landasan peluncuran, terlihat di layar. Media lokal menyiarkan langsung peluncuran tersebut di ujung semenanjung Kii di Jepang bagian barat.

Kairos membawa satelit eksperimental pemerintah yang unntuk sementara dapat menggantikan satelit intelijen yang saat ini di orbit jika sedang dalam mode offline.

Belum ada indikasi langsung mengenai penyebab ledakan, atau ada korban luka.

Space One awalnya merencanakan peluncuran pada Sabtu akhir pekan lalu, tetapi menundanya setelah sebuah kapal memasuki wilayah perairan di dekat situs peluncuran.

Meski Jepang bukan pemain utama dalam industri dan teknologii antariksa, para pengembang roket di negara tersebut berupaya menciptakan roket yang leboh murah untuk memenuhi permintaan pelncuran satelit yanng meningkat dari pemerintah Jepang dan klien lainnya di seluruh dunia.

Space One yang berbasis di Tokyo didirikan pada 2018 oleh konsorsium perusahaan Jepang, Canon Electronics, unit teknik kedirgantaraan IHI, perusahaan konstruksi Shimizu, dan bank pemerintah Bank Pembangunan Jepang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.