arnews.id
arnews.id Media Online

RI Kirim Bantuan Kolter Pertama Ke Gaza Pekan Ini

119

arnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Indonesia akan mengirim bantuan kloter pertama ke Gaza, Palestina, pada pekan ini.

“Indonesia akan mengirim bantuan kemanusiaan yang akan disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan rakyat Palestina,” kata Jokowi saat konferensi pers virtual pada Senin (30/10).

Jokowi kemudian berujar, “Dan kloter pertama akan dikirim minggu ini.”

Bantuan tersebut, lanjut dia, merupakan gabungan dari pemerintah, pengusaha, dan masyarakat.

Sebelumnya lapiran PBB menyebut bantuan kemanusiaan sulit masuk ke Gaza usai Israel memblokade total Jalur Gaza.

Paket bantuan baru bisa masuk ke Gaza beberapa hari terakhir. Terbaru, Kantor Koordinasi Urusan kemanusiaan PBB (OCHA) menyebut 33 truk bantuan kemanusiaan telah memasuki Gaza, Palestina, melalui Rafah pada Minggu.

OCHA membeberkan truk tersebut membawa bantuan berupa air, makanan, dan pasokan medis.

“Ini merupakan bantuan kemanusiaan terbesar yang dikirim sejak 21 Oktober, saat pengiriman terbatas dilanjutkan,” tulus OCGA pada Senin (30/10).

OCHA menyambut baik pengiriman bantuan terbaru itu. Namun, mereka menekankan bahwa bantuan dengan volume lebih besar diperlukan untuk mencegah bencana kemanusiaan termasuk kerusuhan sipil.

“Khususnya, pemasukan bahan bakar untuk mengoperasikan peraltan medis serta fasilitas air dan sanitasi sangat dibutuhkan,” lanjut OCHA, dikutip AFP.

Hingga kini 117 truk telah masuk ke Gaza melalui Rafah, Masir. Sebelum blokade total dari Israel, setiap hari 500 truk membawa bantuan masuk ke wilayah tersebut.

Pasukan Israel dan milisi di Palestina, Hamas, berperang sejak 7 Oktober hingga sekarang. Imbas perang itu, ribuan orang di Palestina dan Israel tewas.

Perang menyebabkan kondisi di Gaza yang sudah buruk kian memburuk. Fasilitas kesehatan di wilayah ini juga mulai kewalahan menampung pasien.

Leave A Reply

Your email address will not be published.