arnews.id
arnews.id Media Online

Putin Isyaratkan Hadir Di KTT G20 Bali

122

arnews – Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan masih mungkin menghadiri KTT G20 di Indonesia pada 15-16 November di Bali.

“Saya sangat berterima kasih kepada otoritas [Indonesia] dan Presiden Joko Widodo atas undangan untuk menghadiri KTT G20,” kata Putin dalam sesi pleno Valdai International Discussion Clun pada Kamis (27/10) dikutip dari kantor berita TASS.

“Kami akan memikirkan bagaimana kami akan mengaturnya. Rusia pasti akan mengrim perwakilan ke sana pada tingkat yang sangat tinggi. Mungkin, saya juga akan berada di sana, tetapi saya masih memikirkannya,” katanya.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengisyaratkan Beberapa pemimpin negara G20 bakal hadir dalam KTT G20, termasuk Putin.

“Sejauh ini kita tidak menerima respon negative, kita tidak menerima respons negative dari semua negara G20 sejauh ini mengenai kehadiran leaders-nya [pemimpin negara anggota G20],” kata Retno dalam press briefing di Gedung Kementerian Luar Negeri RI pada Kamis (13/10).

Presiden RI Joko Widodo Bahkan sempet mengatakan Putin akan hadir ke KTT G20.

“Xi Jinping akan dating. Presiden Putin juga mengatakan kepada saya dia akan dating,” ujar Jokowi dalam wawancara Bersama Bloomberg Beberapa waktu lalu.

Kehadiran Putin dalam KTT G20 menjadi salah satu isu yang menarik, mengingat Rusia kini berhadapan dengan sanksi internasional akibat invasi terhadap Ukraina.

Sejak melancarkan invasi ke Ukraina, Rusia terus diisolasi oleh negara Barat. AS dan banyak negara lainnya sempat menuntut agar Rusia di tangguhkan dari gelaran G20 tahun ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.