arnews.id
arnews.id Media Online

PT LIB Beri Penjelasan Liga 1 Pakai 6 Pemain Asing

274

arnews – Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Ferry Paulus menyebut kebijakan enam pemain asing jadi sarana menaikan kualitas Liga 1 2023/2024.

Dalam kompetisi yang akan dimulai pada 1 Juli 2023 ini LIB menetapkan penggunaan lima pemain asing plus satu pemain ASEAN. Ini peningkatan signifikan disbanding musim lalu yang hanya menggunakan empat pemain asing.

Kebijakan ini sesuai dengan edaran terbaru AFC. Menurut Ferry ini tidak akan merugikan pemain local. Sebaliknya ini akan menjadi tantangan bagi pemain local untuk menaikan kualitas permainan.

“Sebenarnya kalau kita lihat sasarannya prestasi, di Inggris itu kita lihat pemain lokalnya tinggal satu. Justru kita memang haruus sama-sama mendapat transfer knowledge dari pemain asing yang bertambah,” kata Ferry.

“Dengan banyaknya mereka diharapkan kita banyak belajar. Justru sisi kompetitifnya makin kuat. Kalau dulu mungkin persaingan Cuma 60, sekarang bisa 90 atau bahkan 100 persen agar masuk skuad,” katanya.

Namun Ferry tak menampik bahwa biaya yang ditanggung klub akan semakin meningkat. Namun ini diyakini sejalan dengan upaya PSSI untuk meningkatkan kualitas kompetisi di pantas Asia.

“Kita kan mau naik kelas, jadi rasanya seperti yang kita inginkan, terutama ketua umum PSSI. Sepak bola kita harus naik kelas. Kenaikan kelas ini salah satunya di liga,” kata Ferry pada Jumat (26/5).

“Sekarang kita ranking ke-6 di Asia Tenggara, dulu kita pernah ranking ke-8 di Asia. Jadi sudah tertinggal banget. Kalau kita bisa melakukan perubahan dengan baik, sistemnya baik, rasanya sangat berpengaruh,” ucapnya.

Ferry mengatakan klub-klub Liga 1 tidak keberatan dengan kebijakan ini. Sedari awal hal ini diumumkan dalam sarasehan sepak bola nasional, LIB dan klub terus menjalin Komunikasi agar tidak ada kesalapahaman.

“Tidak [ada klub yang protes], karena ini sudah diawali dengan presentasi dari kebersamaan di sarasehan terus bergulir dan kita terus berkomunikasi dengan klub,” kata Ferry.

Dalam pelaksanaannya di lapangan, tidak ada pembatasan pemain asing yang dimainkan. Keenam pemain asing tersebut boleh dimainkan dalam satu pertandingan. Hal ini diyakini LIB akan mengingkatkan nilai Liga 1 di ASEAN.

Leave A Reply

Your email address will not be published.