arnews.id
arnews.id Media Online

PSSI Cari Sponsor Untuk Pasang VAR 

55

arnews – Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan masih mencari sponsor untuk pengadaan teknologi Video Assistants Referee (VAR) yang akan digunakan di Liga 1.

VAR akan menjadi terbobosan yang sangat positif dan mengurangi keputusan-keputusan konroversial yang sering dilakukan oleh wasit-wasit Liga 1.

Sebelumnya PSSI sudah menggunakan asisten wasit tambahan yang berada di area dekat gawang. hadirnya asisten wasit tambahan tersebut dinilai belum cukup.

“Kami sekarang sudah ada asisten wasit tambahan, tapi kami ingin mengadakan VAR. kami sudah komunikasi kalau ada sponsor mau membiayai VAR karen itu cukup mahal. Jadi kami akan menggandeng sponsor yang bisa membiayai itu,” kata Iriawan dikutip dari Antara.

Iriawan mengatakan biaya untuk pengadaan VAR bisa mencapai Rp 90 miliar dengan biaya operasional setiap laga sekitar Rp 200 juta.

“Tapi kami juga harus bisa mempelajari dan mudah-mudahan bisa tahun depan karena ada rencana Piala Dunia U-20 2023,” ucapnya.

Liga 1 dinilai sangat membutuhkan VAR karena wasit-wasit sangat sering membuat keputusan yang kontroversial dan tidak jarang mengganggu jalannya pertandingan.

Teknologi VAR sendiri pertama kali resmi digunakan pada Piala Dunia 2018 di Rusia. VAR sangat membantu wasit dalam mengambil keputusan pada saat pertandingan berlangsung.

Leave A Reply

Your email address will not be published.