arnews.id
arnews.id Media Online

Polisi Ungkap Asal Senjata KKB Ananias Ati Mimin

103

arnews – Satgas Damai Cartenz membeberkan asal usul senjata api milik Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Ananias Ati Mimin yang disita di Kabupaten Pegungungan Bintang, Papua pada Sabtu lalu (29/9).

Kasatgas Humas Damai Cartenz 2023 AKBP Bayu Suseno 2 dari 3 senjata yang disita terindentifikasi milik TNI AD yang hilang kontak pada 2019 lalu.

“Dua Senpi merupakan senjata api organic Personel Satgas Pamtas 725/Varoagi yang hilang pada tanggal 28 Juni 2019. Saat Heli M1-17V5 HA-5138 TNI AD hilang kontak di Distrik Oksop,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (2/10).

Bayu menjelaskan kedua senjata itu merupakan laras panjang pindad berjenis SS2 V3_K1 dengan nomor Seri 93.004236 dan Pistol Brouning FN dengan nomor Seri OT6117.

Mengenai senjata api laras panjang warna hitam bertuliskan NOVESKE dengan terporong, kata dia, masih dalam proses identifikasi. Meski begitu, ia menduga senjata tersebut berasal dari Papua Nugini yang dibeli Pasukan KKB Pegubin pada awal Tahun 2022.

Bayu mengatakan ratusan amunisi yang turut disita dalam penindakan kemarin juga diduga kuat berasal dari sumber yang sama yakni insiden Heli TNI AD yang hilang kontak serta pembelian dari Papua Nugini.

Beradarkan rekam jejaknya, Byu menuturkan KKB pimpinan Ananias Ati Mimin terlibat dalam sejumlah aksi penyerangan. Mulai dari pembunuhan terhadap 1 gedung Bank Papua, 1 unit gedung Puskesmas Kiwirok, 2 unit rumah perawat yang terjadi pada tanggal 13 September 2021 lalu.

Kemudian pemubuhan terhadap 3 orang tukang ojek dan penganiayaan terhadap 3 orang tukang ojek lainnya di Kampung Mangabib, Distrik Okseban, Kabupaten pegunungan bintang pada tanggal 5 Desember 2022.

Sebelumnya, Satgas Operasi Damai Cartenz melumpuhkan lima orang anggota KKB yang dipimpin Ananias Ati Mimin. Hal itu terjadi di Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang. Aparat TNI dan Polri meringkus anggota KKB beserta persenjataan yang mereka miliki.

“Setelah penyergapan, anggota menyisir kembali TKP dan ditemukan satu lagi anggota KKB tewas dan ditemukan satu senpi pendek. Jadi Total 5 orang KKB berhasil dilumpuhkan dan 3 senpi berhasil diamankan,” kata K Ops Damai Cartenz 2023 Kombes Pol. Faizal Ramadhani melalui keterangan tertulis, Sabtu (30/9).

Leave A Reply

Your email address will not be published.