arnews.id
arnews.id Media Online

Polisi Siapkan Rekayasa Lalin Di Sekitar Ancol Saat Balapan Formula E

237

arnews – Ditlantas Polda Metro Jaya menyiapkan rekayasa lalu lintas di sekitar Ancol mengantisipasi potensi mengantisipasi potensi kemacetan saat pelaksanaan ajang balap Formula E 2023.

Ditlantas Polda Metro jaya Kombes Latif Usman mengatakan pihaknya menyiapkan tig acara bertindak yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan.

“Ada ketegori hijau, kuning, dan merah,” kata Latif kepada wartawan, Jumat (2/6).

Latif mengatakan situasi dikatakan kategori hijau jika kendaraan masih tertampung pada kantong parkir dalam Ancol. Kemudian, sirkualasi lalu lintas baik di dalam maupun di luar Ancol normal.

Lalu situasi masuk kategori kuning jika kantong parkir dalam Ancil sudah penuh. Selain itu, sebagian jalan di dalam Ancol sudah digunakan sebagai lokasi parkir dan antrean menumpuk di pinut masuk kawasan Ancol radius 100-500 meter.

“(Cara bertindak) dilakukan pengalihan arus lalin di setiap pintu masuk Ancol, Jembatan Hailay, traffic light Bintang Mas, traffic laight Pasir Putih dan jembatan PLTU arah ke pintu Karnaval,” kata Latif.

Selain itu, lanjut dia, parkir akan diarahkan ke kantong parkir sekitaran Kamyoran. Selanjutnya, kendaraan dari arah tol yang kelaur Ancol barat ditutup dan dialihkan kea rah Kemayoran.

Sedangkan situasi masuk kategori merah jika kantong parkir dalam kawasan Ancol sudah penuh dan sebagian jalan dalam Kawasan sudah dijadikan sebagai lokasi parkir.

Kemudian, antrean menumpuk di pintu masuk Kawasan Ancol, kantong parkir cadangan di luar Kawasan Ancol sudah penuh, jalan di sekitar Ancol (Lodan Raya, RE.MArtadina) sudah macet, hingga radius kemacetan mencapai 1 km.

Dalam situasi ini, kepolisian bakal mengalihakan lalu lintas di setiap pintu masuk Ancol, perempatan Parangtritis, jembatan Hailay, traffic light Bintang Mas, traffic light Manga Dua, traffic light Pasir Putih, Jembatan Goyang, dan jembatan PLTU arah ke pintu karnaval.

Lalu, kendaraan dari arah Penjaringan dialihkan di perempatan Parangtritis belok kanan kembali ke Penjaringan atau Kampung Badan arah Tamansari. Semetara kendaraan dari arah Gunung Sahari diallihkan ke kiri ke jalan Manga Dua Raya Jakpus.

Selanjutnya dari arah Kemayoran diputarbalikan di bundaran kemayoran atau masuk ke tol Kemayoran atau ke Kampung Pademangan Timur. Sedangkan kendaraan dari arah tol keliuar Ancol Barat ditutup dan kelaur Ancol Timut ditutup.

Di kesempatan berbeda, Kapolres Metro Jakarta Kombes Pol Gidion Arif Styawan menyebut ada sebanyak 215 personel gabungan yang dikerahkan untuk melakukan pengamanan. Gidion berujar nantinya ratusan personel itu akan ditempatkan di sejumlah titik sesuai dengan hasil pemetaan yang telah dilakukan.

“Jadi mereka nanti ditentukan posisinya ada di mana, kemudian berbuat apa sesuai dengan tugas masing-masing,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.