arnews.id
arnews.id Media Online

Polda Metro Limpahkan Berkas Kasus Pemerasan Firli Bahuri Ke Kejati

67

arnews – Polda Metro jaya resmi melimpahkan berkas perkara tersangka Filri Bahuri di kasus dugaan pemeriksaan terhadap eks Menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo ke Kejaksaan tinggi Jakarta.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan perlimpahan dilakukan penyidik usai memeriksa total 104 orang saksi dan 11 saksi ahli.

“Pada hari Jumat j15 Desember 2023 pukul 09.30 WIB, tim penyidik telah mengirimkan berkas perkara dimaksud ke JPU pada Kantor Kejati DKI Jakarta,” ujarnya keterangan tertulis.

Usai pelimpahan berkas perkara tersebut, Jaksa peneliti dari Kejaksaan Tinggi DKi Jakarta akan memeriksa kelengkapan berkas baik materil dan formil.

Apabila dinyatakan lengkap, maka penyidik akan amelakukan pelimpahan tahap dua atau menyerahkan kewenangan tersangka dan barang bukti.

Polda Metro jaya sebelumnya telah menetapkan Firli sebagai tersangka kasus pemerasan terhadap Syahrul, pada Rabu (22/11). Firli diduga melanggar 12 e atau Pasal 12B dan Pasal 11 UU Tipikor juncto dokumen valas senilai Rp7,4 miliar dalam pecahan Dolar Singapura dan Amerika Serikat juga disita.

Buntut status tersangka itu, Firli melalui hukumannya mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sedangkan telah digelar pada Senin (11/12).

Dalam permohonannya, Firli meminta hakim tunggal Praperadilan PN Jaksel, Imelda Herawati memerintahkan kapolda Metro Jaya Irjen Karyoto untuk menerbitkan Surat Perintah Penghentian Penyelidikan (SP#) kasus dugaan Korupsi yang menjerat dirinya.

Pihak Firli menilai penyidikan yang dilakukan oleh Polda Metro jaya tidak sah kaena Laporan Polisi dan Surat Perintah Penyidikan diterbitkan pada tanggal yang sama yaitu 9 Oktober.

Leave A Reply

Your email address will not be published.