arnews.id
arnews.id Media Online

Pj Gubernur NTT Cabut Aturan Laiskodat Soal Masuk Sekolah Jam 5 Pagi

99

arnews – Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Ayodhia Gehak Lakunamang Kalake resmi mencabut aturan masuk sekolah pukul 05.30 Wita.

Sebelumnya aturan jam masuk sekolah oagi buta itu dikeluarkan Gubernur NTT 2018-2023 Viktor Bungtilu Laiskodat.

“Aturan masuk sekolah pukul 05.30 Wita resmi kami cabut,” ujar Kalake, Kamis (21/9).

Kalake menjelaskan, murid SMAN 1 Kota Kota Kupang dan SMAN 6 Kota Kpuang kembali masuk sekolah seperti semula, yakni pad pukul 07.00 Wita.

Sebelumnya, Gubernur Laiksodat menerapkan aturan msuk sekolah pukul 05.30 Wita. Regulasi itu diterapkan untuk sejumlah SMKN/SMAN di Kota Kupang. Kebijakan itu menuai beragama kritikan. Misalnya, minimnya angkutan umum saat pagi hari hingga tak ada dasar hukum dalam menerbitkan aturan tersebut.

Viktor kala itu masih Gubernur, pernah mengatakan alasannya mencetuskan kebijakan masuk sekolah di pagi buta. Hal itu ia sampaikan saat pertemuan bersama sejumlah kepala sekolah pada 28 Februari 2023

“Anak itu harus dibiasakan bangun pukul 04.00 WITA. Pukul 04.30 WITA, mereka sudah harus berjalan ke sekolah sehingga pukul 05.00 WITA sudah harus di sekolah. Supaya apa? Itu etos kerja,” ujar Viktor dalam rekaman video pertemuan itu.

Menurutnya, anak setingkat SAM biasa tidur pukul 22.00 WITA dan bangun pukul 04.00 WITA. Dia yakin kebijakan baru itu akan terasa berat lantaran perubahan membutuhkan pengorbanan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.