arnews.id
arnews.id Media Online

Peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023 Kunjungi TPSA Bagendung Belajar Pengelolaan Sampah

297

Cilegon, arnews – Usai melakukan kegiatan jalan sehat dan pemecahan rekor MURI dalam menyajikan menu rabeg sebanyak 2.400 porsi untuk tamu peserta Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorkomwil) III Asosiasi Pemeritah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2023, Wali Kota Cilegon Helldy Agustian bersama para peserta, mengunjungi kawasan industri PT Chandra Asri dan Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Cilegon, Banten, Senin (8/5/2023).

Helldy menyampaikan bahwa tujuan dari mengajak para peserta Rakorkomwil III APEKSI 2023 mengunjungi PT Chandra Asri dan TPSA Bagendung, guna menginformasikan dan memperkenalkan pencapaian Chandra Asri dalam mengolah sampah menjadi bahan bermanfaat, seperti mengubah sampah menjadi BBM, pemanfaatan limbah plastik sebagai bahan campuran aspal.

“Ya, hari ini Alhamdulillah selain melakukan kegiatan jalan sehat dan pencatatan rekor MURI rabeg terbayak, kita juga mengajak para kepala daerah yang tergabung dalam APEKSI wilayah III untuk mengunjungi Chandra Asri dan TPSA Bagendung. Adapun untuk TPSA Bagedung, Hal ini menjadi kebanggaan bagi kami dan inovasi-inovasi terkait pengelolaan sampah untuk menjadi bahan yang bermanfaat akan terus kami tumbuh kembangkan. Karena inovasi ini tidak menggunakan APBD Kota Cilegon, melainkan kami mendapat bantuan hibah dari PLN hampir 10 Miliar dan rencana kita juga akan mendapat bantuan dari Bank Dunia melalui PUPR Pusat, yaitu kurang lebih 100 -120 miliar dengan kapasitas 200 ton perhari. Insyaallah, tahun 2023 ini kita bangun, tahun 2024 ini jadi dan insyaallah tahun 2025 Kota Cilegon menjadi kota yang defisit sampah,” ujar Helldy

Sementara itu, Direktur Chandra Asri, Edi Rivai mengatakan, Chandra Asri sangat mendukung dan mensuport ekonomi nasional, serta memperkenalkan keterlibatan Chandra Asri dalam pengelolaan sampah.

Dalam kunjungan tersebut terlihat Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ahmad Aziz Setia Ade Putra, yang di tugaskan oleh Walikota Cilegon untuk menjelaskan teknis pengolahan sampah menjadi Bahan Bakar Jumputan Padat (BBJP) kepada peserta APEKSI.(sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.