arnews.id
arnews.id Media Online

Pengembangan Inovasi Daerah Kota Cilegon, 2 Inovasi Masuk Top 99 KIPP 2022

154

Cilegon, arnews – Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Cilegon selaku Fasilitator pengelolaan dan pengembangan inovasi daerah, saat ini tengah disibukkan dengan target inovasi daerah yang masuk dalam Finalis Top 99 Inovasi terbaik tahun 2022, yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara – Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Dua inovasi yang lolos dalam penilaian Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik ini yaitu inovasi Gempita Beras Merah dari Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dan inovasi Smart Genre dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana.

Ditemui sesaat setelah persiapan penilaian presentasi dan wawancara Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di kantor Walikota, Kamis (30/6), Kepala Bappeda kota Cilegon, Wilastri Rahayu mengatakan, ” selaku fasilitator inovasi daerah, kami terus berupaya mengadakan pendampingan kepada inovator OPD, agar masalah atau kendala dalam mengembangkan inovasinya dapat berjalan lancar”,ujarnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Fungsional Peneliti Sub.Kord. Inovasi dan Teknologi pada Bappeda kota Cilegon Rina Fatwa Aulia memaparkan bagaimana pendampingan yang dilakukan kepada OPD kota Cilegon agar inovasinya dapat dikembangkan dengan baik.
Menurutnya, para inovator yang melahirkan ide inovasi yang ada di semua OPD, sebaiknya dapat mengikuti Laboratorium Inovasi yang didampingi oleh pendamping inovasi dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI).

“Baiknya para inovator yang melahirkan ide inovasi yang ada di semua OPD itu, dapat mengikuti Laboratorium Inovasi yang didampingi oleh tim inovasi dari LAN-RI” katanya.

Lebih lanjut Rina menjelaskan, “Di Laboratorium Inovasi itu, para inovator akan diberikan pendampingan dalam mendesain, meluncurkan dan mengimplementasikan inovasinya dengan maksimal, dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan tentunya bermanfaat untuk masyarakat. Dan semoga dengan berhasil masuknya inovasi Gempita Beras Merah dan Smart Genre pada KIPP ini, menjadi pemicu semangat berinovasi bagi pegawai dilingkungan Pemkot Cilegon ya”, tuturnya. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.