arnews.id
arnews.id Media Online

Penerima Cangkok Jantung Babi Pertama Di Dunia Meninggal Dunia

114

arnewa – David Bennet (57) penerima cangkok jantung babi pertama di dunia meninggal dunia. David meninggal dunia setelah dua bulan setelah menerima cangkok jantung babi.

“Kondisinya mulai memburuk beberapa hari yang lalu. Setelah jelah dia tidak akan pulih, dia diberikan perawatan paliatif yang penuh kasih. Pada jam-jam sebelum meninggal dia masih berkomunikasi dengan keluarganya,” tulis pernyataan Sistem Medis Universitas Maryland.

Pihak rumah sakit menyatakan, setelah operasi transplantasi jantung babi berhasil dilakukan, keadaan David sangat baik selama beberapa minggu tanpa ada tanda-tanda penolakan.

Tranplantasi jantung babi yang berhasil dilakuakan dianggap meningkatkan kemajuan dalam donasi organ lintas spesies. Kurangnya organ manusia untuk didonasikan sekarang ini kemungkinan tidak akan menjadi masalah di masa depan.

“Kami memperoleh wawasan yang sangat berharga, belajar bahwa hati babi yang dimodifikasi secara genetic dapat berfungsi dengan baik di dalam tubuh manusia sementara sistem kekebalan cukup ditekan,: kata Direktur Program Xenotransplantasi Jantung Universitas Maryland, Muhammad Mohiuddin.

Mohiuddin merasa optimis dengan keberhasilan di masa depan dengan proyek yang ia dan tim kerjakan.

“Kami tetap optimis dan berencana melanjutkan pekerjaan kami dalam uji klinis di masa depan,” ujar Mohiuddin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.