arnews.id
arnews.id Media Online

Pemilik F1 Siap Beli MotoGP Dari Dorna Dengan Nilai Rp68,6 Triliun

105

arnews – Perusahaan pemilik Formula One (F1), Liberty Media, disebut akan mengumumkan pembelian MotoGP dari Dorna Sports dalam waktu dekat.

Klaimm tersebut diungkap jurnalis Sky News, Mark Kleinman, melalui media sosial. Liberty Media dan Dorna Sports dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk membeli MotoGP dengan harga 4 miliar euro atau setara Rp68,6 triliun.

“Kesepakatan senilai 4 miliar euro akan membuat Liberty Media, pemiliki Formula One, mengakuisisi Dorna Sports, perusahaan induk MotoGP, diperkirakan akan diumumkan di Madrid paling cepat besok [1 April] setelah pembicaraan berbulan-bulan dengan pemilik [Dorna] Bridgepint,” tulis Kleinman.

Liberty Media Corporation adalah perusahaan media yang dimiliki pengusaha asal Amerika Serikat, John C. Malone. Perusahaan asal Amerika itu membeli Formula One Group pada akhir 2016 dengan nilai US$4,4 miliar.

Dorna Sports sendiri perusahaan pengelola MotoGP. Perusahaan asal Spanyol itu sudah menjadi pemegang hak eksklusif MotoGP sejak 1992 dan WorldSBK Superbike sejak 2013.

Perusahaan investasi asal inggris, Bridgepoint Group, menjadi pemiliki saham terbesar Dorna Sports sejak 2006. Bridgpoin memiliki saham di Dorna Sports sebesar 39 persen, disusul CPP Investement dengan 38 persen dan sisanya saham private.

Sejak Dorna dikabarkan siap menjual saham pada akhir 2023, Liberty Media bukan satu-satunya perusahaan yanng ditarik menguasai MotoGP. Qatar Sports Investement yang memiliki klub sepak bola Paris Saint-Germain dan Newcastle United, juga tertarik membeli.

Liberty Media sukses meningaktkan popularitas F1 yang sempat jatuh sebelum 2016. Salah satu kunci sukses Liberty Media adalah menjadikan F1 lebih menghibur, termasuk meluncurkan film dokumenter di Netflix, Drive to Survive.

Sebaliknya pamor MotoGP semakin menurun dalam beberapa tahun terakhir. Berakhirnya era sejumlah pembalap hebat,  seperti Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, hingga Dani Pedrosa membuat jumlah penonton MotoGP semakin menurun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.