arnews.id
arnews.id Media Online

Pecahkan Rekor Dunia Rahmat Erwin Rebut Medali Emas Asian Games

66

arnews – Lifter Indonesia Rahmat Erwin Abdullah meraih medali emas Asian Games 2023 cabang olahraga angkat besi kela 73kg putra degan total angkatan 359 di XSC, Gymnasium, Selasa (3/10).

Rahmat menjadi lifter kesembilan yang tampil dalam angkatan snatch pada final tersebut setelah lifter Korea Utara Park Jonju.

Dalam angaktan pertama dengan beban 152kg itu Rahmat Erwin terlihat melakukan nagkatan snatch dengan mulus.

Pada angakatan kedua dengan beban 156kg, Rahmat Erwin juga tidak menemui kesulitan dan berhasil mengangkat beban tersebut. Rahmat lalu menutup angkatan snatch dengan 158kg.

Rahmat Erwin memiliki pesaing utama lifter asal China, Wei Yinting yang sukses dengan angkatan snatch 153kg. we mengungguli Rahmat denga angkatan kedua sebesar 158kg., kemudian keiga seberat 161kg, angkatan terakhir Wei itu memecahkan rekos Asian Games.

Lifter Thailand Weerapon Wichuma juga memanaskan persaingan lewat negkatan kedua seberat 154kg. kemudian dilanjutkan dengan angkatan 156kg yang sukes.

Dalam snatch ini, Rahmat Erwin menempati peringkat kedua dengan angkatan terbaik 158kg. Wei Yinting di urutan pertama dengan angkatan 161. Sedangkan Wichuma di posisi keitga dengan 156kg.

Meski sukses di urutan pertama dalam angakatan snatch, Wei gagal falam percobaan pertama clean and jerk. Beban sebesat 180kg tidak bisa diangkat lifter asal China tersebut.

Wei pada kesempatan kedua sukses mengangkat beban 180kg, akan tetapi dianggap gagal oleh juri. Lifter 23 tahun itu kembali gagal pada angkatan ketiga.

Setelah Wei Yinting tersinngkir, kini Weerapon Wischuma jadi pesaing utma Rahmat Erwin di angakatan clean and jerk. Angkatan pertama Wischuma dengan berat 190kg sukes.

Rahmat Erwin jadi lifter ke-10 yang melakukan angkatan tersebut. Angkatan pertama dengan berat 192kg pun berhasil. Dengan total angkatan 350kg, Rahmat pun memecahkan rekor Asian Games.

Peluang Rahmat Erwin meraih emas di kelas 73 kg terbuka setelah Wischuma gagal pada ngkatan kedua sebearat 195kg. pada angkatan kedua, lifter Thailand itu berhasil dengan angkatan terakhir, 195. Tital angkatan Wischuma pada snatch dan cleand and jerk adalah 351kg.

Rahmat Erwin memastikan meraih medali emas angkat besi kelas 73kg putra setelah berhasil mengangkat beban seberat 354kg.

Mesiki sudah dipastikan mendapat emas, Rahmat Erwin menggunakan kesempatan angkatan ketiga dengan berat beban 201kg. angkatan ketiga Erwin berhasil dan memecahkan rekor dunia clean and jerk.

Total Rahmat Erwin mengumpulkan 359kg, torehan itu jadi rekor baru di Asian Games.

Leave A Reply

Your email address will not be published.