arnews.id
arnews.id Media Online

PBB: Sudan Di Ambang Perang Saudara Skala Penuh

144

arnews – Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperingatkan bahwa Sudan saat ini berada di ambang perang saudara penuh karena pertikaian yang tak kunjung usai.

Sekretaris Jendral PBB, Antonio Guterres, menyampaikan kekhawatirannya ini setelah serangan udara dilancarkan tentara pada Sabtu, (8/7) lalu yang menewaskan 22 orang di Kota Omdurman.

Wakil juru bicara Guterres, Farhan Haq, mengatakan bahwa Sekjen PBB itu mengecam keras serangan tersebut.

“[Guterres] sangat khawatir perang yang terjadi antara para pasukan bersenjata itu membuat Sudan berada di ambang perang saudara skala penuh, berpotensi memicu ketidakstabilan di seluruh kawasan,” ucap Haq, seperti dikutip AFP.

Perang saudara ini awalnya pecah pada 15 April lalu karena perebutan kekuasaan antara tentara sudan dan RSF di tengah kekosongan pemerintahan.

RSF langsung mendominasi medan perang di Ibu Kota Sudan, Khartoum dan sejumlah kota disekitarnya seperti Omdurman dan Bahri.

Saat ini, Omdurman merupakan medan tempur paling sengit. Bagian barat kota tersebut merupakan jalur utama bagi RSF untuk membawa pasukan senjata dan pasukan dari Darfur, wilayah markas utama mereka.

Dengan begitu, Omdurman menjadi target utama tentara Sudan. Pada Sabtu, tentara Sudan mengumumkan bahwa pasukan Khusus mereka menewaskan 20 “tentara pemberontak” dan menghancurkan persenjataannya di Omdurman.

Sejak perang pecah, beberapa upaya perundingan damai sudah digelar, tapi tidak ada satu pun yang berhasil mencapai kesepakatan penghentian perang.

Akibat perang ini, lebih dari 2,9 juta orang kehilangan tempat tinggal, termasuk 700 ribu yang memilih untuk kabur ke negara-negara tetangga.

Situasi ini memicu kekhawatiran perang bakal meluas ke negara-negara sekitar yang berjajar di sekitar Tanduk Afrika, Sahel, dan Laut Merah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.