arnews.id
arnews.id Media Online

Mudik Imlek Di China Jadi Mobilisasi Manusia Terbesar

89

arnews – Warga China di seluruh dunia akan memperingati Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 10 Februari ini.

Jutaan orang akan memadati berbagai macam kendaraan baik darat maupun udara untuk menuju kampung halam masing-masing.

Tahun ini diperkirakan ada sekitar semiblan miliar perjalanan mudik di Negeri Tirai Bambu.

Perayaan Tahun Baru Imlek sendiri terjadi di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Biasanya, masyarakat Tiongkok akan melakukan perjalanan selama 40 haru ke kampung halaman masing-masing atau yang biasa dikenal dengan Chyunyun.

Karenanya, mudik disebut sebagai migrasi terbesar di Bumi.

Pada Tahun Baru Imlek, warga China akan berkumpul bersama keluarga, memasak banyak makanan, dan melakukan sejumlah perayaan sepertin membagikan angpao, mengadakan tarian naga, hingga festival lentera.

Pada tengah mmalam, mereka akan menyalakan petasan dan kembang api dengan maksud mengusir Binatang mitos yang disebut Nian. Nian diyakini sebagai perwujudan nasib buruk, seperti dikurip ABC News.

Menurut legenda, setiap malam tahun baru Imlek, Nian yang merupakan Binatang bawah laut akan merangkak ke darat dan menyerang desar terdekat.

Pada suatu waktu, ketika para penduduk desa bersembunyi dari Nian, ada seorang pria yang bersikeras bertahan di desa. Ajaibnya, pria dan desa tersebut selamat dari Nian.

Pria itu mengaku telah menakuti Nian dengan spanduk mera di pintu, menyalakan petasan, dan mengenakan pakaian merah.

Inilah sebabnya mengapa warga China setiap Imlek mengenakan warna mmerah dan menggantung spanduk merah serta menyalakan petasan, seperti dikutip dari National Geographic.

Leave A Reply

Your email address will not be published.