arnews.id
arnews.id Media Online

Miss Universe 2023 Diasingkan Dari Negaranya

23

arnews – Miss Universe 2023 Sheynnis Palacios diasingkan dari negara asalnya, Nikaragua. Tak hanya Palacios, keluarganya pun turut diasingkan.

Hal ini diungkapkan oleh CEO Miss Universe Anne Jakrakutatip dalam sebuah surat beberapa waktu lalu.

Palacios dan keluarga diasingkan tanpa batas oleh rezim Nikaragua yang dipimpin oleh Daniel Ortega.

“Kami bekerja untuk menjada ibumu dan selruh keluarga, yang kini jauh dari tanah airmu,” kata Jakrajutatip juga menyinggung pemerintah Ortega sebagai rezim yang otoriter.

“Kamu adalah salah satu contoh terbesar dari gadis kupu-kupu dengan sayap patah yang tak pernah menyerah pada perbuatan buruk, niat tidak sopan, dan niat kejam dari otoriter mana pun,” tambahnya.

Palacios tak sendiri, keluarganya pun turut diasingkan. Pekan lalu, nenek dan anggota keluargannya yang lain dilaporkan telah meninggalkan Nikaragua.

Hingga saat ini, Palacios sendiri belum secara resmi menyampaikan pengasingannya. Namun, respons emosionalnya terhadap simbol-simbol tanah airnya seperti bendera Nikaragua dan pertemuan dengan rekan senegarannya mengungkapkan luka yang mendalam.

Salah satu alasan pengasingan ini adalah kemenangan Palacios yang menuai kontroversi di Nikaragua. Kemenangan Palacios sendiri merupakan keberhasilan pertama Nikaragua dalam konter kecantika tersebut.

Mulanya, pemerintahan Ortega memang sempat mengucapkan atas kemenangan Palacios di ajang kecantikan bergengsi itu. Namun, Ortega kemudian memveto kemenangan tersebut.

Beberapa waktu setelah penobatan Miss Universe 2023, Palacios sempat menimbulkan kehebohan politik. Sebuah video yang memperhatikan Palacios ikut serta dalam aksi demonstrasi anti-pemerintah pada tahun 2018 bocor di tengah masyarakat.

Hal itu membuat pemerintah menuduh pihak oposisi sengaja memanfaatkan kemenangan palacios untuk merencakan protes baru.

Sebelumnya, pemerintah Nikaragua juga pernah menekan mantan Direktur Miss Universe Niakragua Karen Celebertti. Ia bersama suami dan putranya dituduh bersekongkol melawan pemerintah.

Tak hanya itu, Celebertti juga pernah dilarang masuk Nikaragua setelah dituduh ikut terlibat dalam aksi demonstrasi yang sama.

Akibat tekanan tersebut, ia punn mengundurkan diri dari jabatan yang telah didudukinya selama 20 tahun.

Leave A Reply

Your email address will not be published.