arnews.id
arnews.id Media Online

Menteri Transportasi Yunani Mundur Buntut Tabrakan Maut 2 Kereta

268

arnews – Menteri Transportasi Yunani Kostas Karamalis mengundurkan diri Beberapa hari setelah insiden tabrakan maut dua kereta di pusat Kota Larissa Rabu (1/3).

Berdasarkan data terkini, kecelakaan itu menyebabkan 36 orang tewas dan sedikitnya 85 mengalami luka-luka.

“Ketika sesuatu yang sangat tragis terjadi, kita tidak dapat melanjutkan seolah-olah tidak terjadi apa-apa,” kata Karamalis saat menyampaikan pernyataan public dikutip dari AFP.

Kecelakaan kereta itu disebutkan menjadi tragedi terburuk di Yunani sepanjang sepuluh tahun terakhir. Dua kereta yang bertabrakan adalah kereta penumpang dan kereta barang.

Dalam kecelakaan itu, dua gerbong hancur dan satu gerbong dilalap api.

Selain korban tewas dan luka, masih ada Sejumlah orang hilang sampai saat ini masih belum ditemukan.

“Saya belum pernah lihat hal seperti ini. Sungguh tragis, lima jam Kemudian kami menemukan mayat,” kata seorang petugas penyelamat.

Beberapa korban tewas pun ditemukan dalam kondisi tidak utuh. Korban terindentifikasi lewat potongan tubuh.

Adapun kecelakaan itu terjadi pada rute yang selama bertahun-tahun telah ada peringatan keamanan.

Kereta penumpang yang membawa lebih dari 350 orang itu melakukan perjalanan dari ibu kota Athena ke kota utara Thessaloniki.

Kepala stasiun Larissa yang berusia 56 tahun ditangkap Beberapa jam setelah kecelakaan itu dan didakwa melakukan pembunuhan karena kelalaian.

Juru bicara pemerintah Yiannis Economu mengatakan kedua kereta dibiarkan berjalan di jalur yang sama selama Beberapa kilometer.

Namun, anggota serikat pekerja kereta api menduga kepala stasiun hanya jadi kambing hitam karena kelemahan keamanan jalur kereta api Athena -Thessaloniki telah diketahui selama bertahun-tahun.

Dalam surat terbuka di bulan Februari, staf kereta api mengatakan bahwa sistem keselamatan lintasan tidak lengkap dan tidak dirawat dengan baik.

Seorang pengawas keselamatan yang mengundurkan diri pada tahun lalu, telah memperingatkan bahwa peningkatan infrastruktur yang tertunda Sejak 2016 todak lengkap dan kecepatan kereta hingga 200 kilometer per jam tidak aman.

“Kami akan melakukan apa pun yang kami bisa agar seperti ini tidak terjadi lagi,” kata Perdana Menteri Kyriakos Mitsotakis.

Leave A Reply

Your email address will not be published.