arnews.id
arnews.id Media Online

Mandalika Belum Siap Gelar F1

312

arnews –  Indonesia Tourism Development Company (ITDC) berhasil membawa MotoGP Kembali ke Indonesia setelah 25 tahun di Sirkuit Mandalika. Namun ITDC mengakui untuk menggelar balapan F1 Sirkuit Mandalika masih memiliki beberapa kekurangan.

ITDC menargetkan dalam waktu satu tahun untuk bisa menambah kekurangan-kekurangan terutama fasilitas pendukung untuk balapan.

Direktur MGPA Priandi Satria beberpa waktu lalu membuka kemungkinan Mandalika menggelar ajang balapan F1 dalam waktu dekat. Namun MGPA perlu menyelesaikan persyaratan yang di tetap kan Federasi Otomotif Internasional(FIA).

Persyaratan yang diberikan FIA dinilai lebih berat ketimbang MotoGP. Salah satunya adalah ban-ban pengaman di pinggir trek harus diletakan horizontal sehingga memerlukan ban yang sangat banyak.

“Jadi itu jadi catatan sendiri ya. Kenapa kita bikin pada hari itu vertikal, karena mengumpulkan ban dalam waktu tiga bulan tidak gampang. Kenapa tidak gampang, karena ini ban yang tidak laik dijual oleh produsen ban, kalau mereka menghasilkan banyak (tidak laik) berarti pabriknya tidak bagus. Jadi kita mengumpulkan bulan perbulan untuk kita bikin vertikal. Jadi kita sejak bulan lalu sudah menabung ban-ban yang tidak laik pakai oleh pabrik kita simpan, sehingga kalau kita harus membuat yang horizontal kita sudah punya tabungan yang cukup sesuai standar FIA,” kata Priandi satria setelah melakukan inspeksi lintasan Sirkuit Mandalika dengan wakil dari FIA.

ITDC mengakui kalau mereka memang belum siap untuk menggelar F1 dalam waktu dekat.

“Sebuah sirkuit selalu tujuan akhirnya tidak hanya satu balapan. Dari awal kami memang berencana sirkuit bisa dipakai juga untuk (balapan) roda empat. Cita-cita kamu suatu hari bisa dipakai untuk F1,” kata Abadoelbar M Mansoer Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC).

“Kualifikasi F1 sangat ketat dan syarat lisensi mereka banyak sekali. Kami saat ini memang belum siap,” ucapnya.

“Kemari ada yang datang (dari FIA) untuk evaluasi. Waktu MotoGP kemarin juga orang dari FIA datang dan tertarik dengan sirkuit mandalika. Tapi inspeksi resmi masih belum ada, kemarin hanya meninjau saja karena inspeksi harus melalui IMI terlebih dahulu.” Tutup Adoelbar.

Leave A Reply

Your email address will not be published.