arnews.id
arnews.id Media Online

Manajer Michelin: Kecelakaan Marquez Bukan Karena Ban

330

arnews –  Ban Michelin menjadi salah satu sorotan pada gelaran MotoGP Mandalika. Beberapa Rider MotoGP juga mengeluh dengan pemilihan ban yang disediakan Michelin untuk seri Mandalika.

Pada gelaran MotoGP Mandalika nampaknya ban yang disediakan Michelin menjadi masalah untuk hampir semua pembalap dan timnya. Terlihat tim-tim seperti Honda dan Ducati begitu kesulitan menemukan setingan motor untuk ban belakang. Bahkan jatuhnya Marc Marquez dikaitkan dengan permasalahan ban tersebut.

Piero Taramasso Manajer Michelin menanggapi keluhan tersebut. Taramasso menjelaskan Michelin menyediakan ban yang cocok dan bisa bertahan pada trek Sirkuit Mandalika yang sangat panas. Ia juga mengatakan ban yang dipakai di Mandalikan tidak akan dibawa ke Thailand dan Austria.

“Di Thailand dan Austria kami akan membawa versi lain dari ban kami. Katakanlah kemungkinan akan membawa ban untuk bisa menurunkan suhu 7-8 drajat. Ban jenis ini jika dipakai di Mandalika tidak akan cukup. Ini semacam ban yang dipakai antara level standar dan yang dipakai di Mandalika,” jelas Tarmasso.

Tarmasso juga membantah kecelakaan yang mengakibatkan Marc Marquez tidak bisa mengikuti balapan adalah karena ban yang disediakan oleh Michelin.

“Kami telah menganalisis data kecelakaan (Marquez) dan saya dapat mengesampingkan bahwa itu karena ban,” kata Taramasso.

“Intinya Janis ban ini memiliki cengkraman yang lebih sedikit tetapi memiliki stabilitas yang lebih pada motor,” tambahnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.