arnews.id
arnews.id Media Online

Liga 1 Tidak Libur Saat Piala Asia U-23 2024

28

arnews – Direktur Utama PT Liga Indonesia Bru (LIB) Ferry Paulus menyatakan tidak ada kemungkinan Liga 1 diliburkan selama Timnas Indonesia U-23 tampil di Piala Asia U-23 2024.

Piala Asia U-23 2024 akan bergulir di Qatar pada 15 April hingga 3 Mei mendatang. Di waktu yang bersamaan, Liga 1 2023/2024 juga masih bergulir hingga 28 April untuk regular series. Kemudian championship series diselenggarakan pada 4 Mei hingga 26 Mei.

“Pada posisi itu kami sudah diskusi dan kami sudah sampaikan timline kompetisi karena itu ada di bulan April, 15 [April] sampai 3 Mei [Piala Asia U23] dan itu masa-masa krusial di liga. Kalau liga dibiarkan tidak mungkin,” kata Ferry di Jakarta, Selasa (6/2).

;ebih lanjut Ferry mengatakan, sedianya PT LIB tidak masalah jika meliburkan kompetisi meski Piala Asia U-23 tidak masuk dalam kalender resmi FIFA. Tetapi menurut Ferry, PT LIB sebagai operator bertanggung jawab untuk memikirkan potensi pembengkakan biaya operasional klub jika liga dihentikan Sementara.

“Kalau dari liga tidak masalah [diliburkan], bukan karena banyak duit. Tapi ada konsekuensi untuk menambah biaya kompetisi setidaknya satu bulan,” ujarnya.

Seiring dengan pernyataan itu, maka Liga 1 2023/2024 tetap bergulir sesuai jadwal baik di reguler series maupun championship series. Karena jika liga diliburkan selama Piala Asia U-23 2024, terdapat kemungkinan liga akan selesai di luar jadwal yang sudah diatur.

Ferry menyebut, molornya jadwal kompetisi bakal berakibat tambahan beban biaya sekitar Rp100 miliar.

“Kalau di kami tidak seberapa tambahan biaya itu, tapia da beban operasional klub mulai dari gaji dan sebagainya, kami sudah buat simulasi jadi ada kisaran [pembengkakan] Rp100 miliar kalu mundur per bulan,” katanya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.