arnews.id
arnews.id Media Online

Liga 1 Bakal Pakai VAR, PSSI Kirim Surat Ke FIFA

228

arnews – PSSI telah mengirim surat ke FIFA terkait rencana kompetisi Liga 1 2023/2024 menggunakan Teknologi Video Assistant Refefree atau VAR.

“Hari ini kami telah berkirim surat kepada FIFA terkait rencana melanjutkan  proses penerapan VAR di Indonesia. Sesuai penduan dari FIFA, kami melampirkan pula beberapa tahapan awal yang harus dipenuhi seperti membentuk VAR Project Team, menetapkan timeline program, kepastiansumber pendanaan dan provider Teknologi yang dipilih,” kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Hal itu diungkap Erick saat pertemuan antara PSSI, PT. Liga Indonesia Baru (LIB), dan distributor VAR dari Singapura di Jakarta, Kamis (25/5).

“Meeting pertama dengan distributor VAR dari Singapura. Kami membahas implementasi Teknologi VAR dalam pertandingan sepak bola Indonesia. Dengan Teknologi VAR, PSSI ingin memastikan keputusan wasit tepat dan adil. Insya Allah, secepatnya kita wujudkan sepak bla yang semakin professional,” tulis Erick melalui Instagram.

Pasca rencana pemasangan VAR diumumkan Erick, Teknologi tersebut tidak bisa diterapkan di Liga 1 secepatnya. Ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh PSSI, Sehingga FIFA benar0benar merestui penggunaan VAR di Liga 2023/2024.

Untuk mematangkan rencana, PSSI telah mendelegasikan kepada PT LIB sebagai penanggungjawab seluruh proses pemenuhan implementasi VAR, termasuk persiapan Teknologi yang akan digunakan.

Sesuai dengan panduan dari FIFA, setiap pihak yang akan menggunakan VAR harus melengkapi seluruh proses yang dinamakan Implementation Assitance and Approval Programme (IAAP). Ada 5 tahapan dalam IAAP, yakni Innitial Consideration, VAR Declaration, Preparation & Training, Approval Processm dan Monitoring.

“Benar kami telah ditunjuk PSSI untuk menjalankan misi yang tentunya diidamkan oleh pecinta sepak bola Indonesia ini. Tapi perlu saya tegaskan, ini bukan pekerjaan baru atau kemarin sore. Kami telah melakukan kajian dan riset cukup panjang, kolaborasi dengan negara tetangga yang telah lebih dahulu menerapkan VAR, seperti Thailand dan Singapura,” ujar Ferry Paulus, Dirut LIB.

Sebelumnya Erick Thohir mengatakan kemungkinan besar VAR baru akan digunakan pada paruh kedua Liga 1 musim 2023/2024.

Leave A Reply

Your email address will not be published.