arnews.id
arnews.id Media Online

Lanal Banten dan Pemkot Cilegon Kolaborasi Bersihkan Sampah di Pulau Merak Kecil

368

Cilegon, arnews – Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banten berkolaborasi bersama Pemerintah Kota Cilegon dan Indsutri, serta Komunitas Anak Pulo melakukan kegiatan bakti sosial dengan bersih-bersih sampah di Pulau Merak Kecil, Jumat 12 Mei 2023.

Komandan Lanal Banten Kolonel Laut Pelaut Dedi Komarudin mengatakan, pembersihan ini dilakukan untuk kembali membangkitkan kunjungan pariwisata di pulau tersebut, setelah musim libur Lebaran lalu.

“Kunjungan yang sangat tinggi sekali pada momen Lebaran kemarin sehingga ada beberapa spot yang memang harus kita bersihkan,” katanya.

Dijelaskannya, selain bersih-bersih sampah dan membangun mushala untuk menambah kenyamanan pengunjung, Lanal Banten juga melakukan pelepasan sejumlah satwa seperti tupai, burung jalak dan perkutut, serta penghijauan dengan menanam pohon.

“Kita mencoba membantu pengelola yang ada di sini, melakukan pelepasan tupai, burung jalak dan perkutut, renovasi mushala, serta penghijauan dengan menanam pohon,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Ahmad Aziz Setia Ade Putra menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Cilegon untuk terus mengembangkan potensi wisata di Pulau Merak Kecil.

“Perlu diketahui bahwa Pulau Merak Kecil ini dikunjungi tiga ribu wisatawan selama libur Lebaran lalu. Ini baik lokal maupun di luar Kota Cilegon. Mereka harus diberikan pelayanan yang maksimal,” tuturnya.

Pulau Merak Kecil merupakan pulau yang berada di seberang Pelabuhan Merak. Pulau ini cukup mudah dijangkau, dari daratan pantai Mabak, Mendaksa, Pulomerak, hanya membutuhkan waktu tempuh penyebrangan sekitar lima menit dari daratan menggunakan perahu nelayan. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.