arnews.id
arnews.id Media Online

Kota-kota Dengan Rekor Panas Ekstrem

242

arnews – Gelombang panas tengah menerjang sejumlah wilayah hingga membuat jutaan orang di berbagai belahan dunia menghadapi suhu sangat panas beberapa waktu terakhir.

Panas ekstrem yang disebabkan perubahan iklim ini bahkan memicu kebakaran hutan hingga korban tewas akibat tersengat cuaca panas.

Sebanyak 112 warga Meksiko tewas diterjang gelombang panas. Di AS, 13 orang juga meninggal dunia akibat suhu panas ekstrem.

Di India, 98 orang dilaporkan meninggal dunia akibat gelombang panas.

Berdasarkan catatan, Rabu (19/7, rekor suhu terpanas setidaknya tercatat di AS, Eropa, hingga Asia. Berikut beberapa wilayah dengan rekor suhu terpanas.

Amerika Serikat

Panas ekstrem di AS terjadi di berbagai kota seperti El Paso, Texas yang tembus di tiga digit Fahrenheit (di atas 40 derajat Celsius) selama 33 haru berturut-turut.

Kemudian, Phoenix dan Arizona cuaca mencapai 110 derajat Fahrennheit (43,3 derajat Celsius) pada Selasa siang kemarin. Kodisi ini memperpanjang rekor hari-harinya di lebih dari 110 derajat selama 19 hari.

Coral Reef Watch NOAA mengatakan panas ekstrem yang terjadi di Florida Tenggara bahkan membahayakan terumbu karang, denga beberapa area mencapai lebih dari 90 derajat Fahrenheit (32 derajat Celsius).

Italia

Italia mencacatkan rekor suhu tertinggi di Roma hingga 107,2 Farehnheit (41,8 derajat Celsius). Mneteri Kesehatan Italia Orazio Schillaci mengatakan gelombang panas di kota tersebut menjadi penyebab peningkatan 20 persen Jumlah pasien di IGD beberapa hari terakhir.

Kerenanya, ia pun mengimbau bagi mesyarakat untuk menghindari keluar rumah saat kondisi panas ekstrem menyerang karena bisa menyebabkan masalah pernapasan.

Perancis

Dikuti dari CNN, Badan Cuaca Perancis mencatat ada Sembilan wilayah di negaranya yang mengalami suhu tertinggi baru pada Selasa kemarin.

Gelombang panas tak biasa ini membuat pemerintah Paris bahkan mempertimbangkan kembali untuk menyelenggarakan Olimpiade yang rencananya dilaksanakan di negara pada tahun depan.

Menurut tweet Meteo France, rekor suhu mencapai 38,3 derajat Celcius (di Renno, 38,6 derajat Celsius di Aups, dan 29,5 derajat Celsius di Alpe d’Huez.

Irak

Suhu di Ibu Kota Irak, Baghdad, dan provinsi lainnya di bagian selatan negara tersebut melonjak hingga hampir 50 derajat Celsius pada pekan ini.

Gelombang panas ekstrem ini dikeluhkan oleh banyak warga karena adanya pemadaman listrik di tengah perlunya meyalakan kipas angin dan AC untuk menangani cuaca panas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.