arnews.id
arnews.id Media Online

Kominfo Ancam Blokir 6 Paltform Travel Online

32

arnews – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo_ memberi peringatan kepada enam aplikasi online travel agent (OTA) asing yang beroperasi di Indonesia tetapi masih belum mendaftarakan layanannya sebagai Pennyelenggara Sistem Elektronik ( PSE).

Ketentuan pendaftaran OTA sebagai PSE tercantum dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 10 Tahun 2021 tentang Perubahanatas Peraturan Menteri Kemunikasi dan Informatika Nomor 5 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Sistem Eletronik Lingkup Privat (PM Kominfo 5/2020).

“Dalam rangka pengawasan dan penegakkan hukum dan kepatuhan kewajiban pendaftaran, Kementerian Kmunikasi dan Informatika telah menyampaikan surat peringatan kepada enam Online Agent Travel asing,” demikian pernyataan Kominfo daalam keterangannya, mengutip Antara, Rabu (13/3).

Enam online travel itu yakni Bookng.com, Agoda.com, Klook.com, Trivago.co.id, dan Expedia.co.id.

Kominfo mengklaim telah mengirim surat peringatan sejak Selasa (6/3) dan keenam online travel itu wajib mendaftar PSE Lingkup Privat sesuai peraturan perundangan dalam jangka waktu lima hari kerja sejak dikirimkan surat tersebut.

Mengingat pentingnya peran pendaftaran dalam membangun ekosistem digital nasioal, maka PSE Lingkup Privat yang tidak melaksanakan kewajiban pendaftaran dapat dikenakan sankis administratif berupa pemutusan akses terhadap sistem elektronik.

Leave A Reply

Your email address will not be published.