arnews.id
arnews.id Media Online

Kemenkes Temukan Lagi Satu Kasus Cacar Monyet Di Jakarta

84

arnews – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengkonfirmasi satu kasus cacar monnyrt atau mongkeypox ditemukan di DKI Jakarta. Dugaan temuan itu, saat ini terdapat dua kasus cacar monyet di Indonesia.

Anggota Tim Kerja Direktorat Surveilans Dan Kekarantinaan Kemenkes Chita Septiawati mengatakan temuan terbaru kasus tersebut dilaporkan pada 14 Oktober 2023.

Chita menjelaskan kasus cacar monyet pertama kali ditemukan di Indonesia pada 20 Agustus 2022 yang merupakan kasus impor atau berasal dari luar negeri. Ia menyebut resiko importasi kasus cacar monyet ke Indonesia cukup tinggi.

“Belum lama ini, kemarin kita mendapat laporan kembali satu kasus, sehingga sampai pada hari ini kita mempunyai dua kasus konfirmasi yang kebetulan keduanya berada di Jakarta,” kata Chita dalam diskusi Sosialisasi Kewaspadaan Monkeypox secara daring, Senin (16/10).

Chita menyampaikan mereka yang terpapar cacar monyet mengalami gejala-gejala seperti demam akut lebih dari 38,5 drajat Celsius, sakit kepala, nyeri otot, sakit punggungm, dan kelelahan.

Ia menerangkan secara global total estimasi konfirmasi kasus cacar monyet mencapai 90.618 kasus dengan angka kematian 157 kasus dari 115 negara.

Negara yang melaporkan kasus cacar monyet terbanyak adalah Amerika Serikat, Sementara China, Thailand,dan jepanng menjadi negara dengan kasus cacar monyet terbnyak di negara Asia dan sekitarnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.