arnews.id
arnews.id Media Online

Kemenkes Catat Covid Varian JN.1 Di RI Ada 41 Kasus, Terbanyak Di Jaksel

50

arnews – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mencatat kasus virus corona (covid JN.1) varian JN.1 merupakan sublineage dari BA.2.86 di Indonesia sudah mencapai 41 kasus per 20 Desember 2023. Temuan itu didapatkan melalui pemeriksaan whole genome sequencinf (WGS).

Direktur Jendral Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Maxi Rein Rondonowu menyebut sebaran kasus paling banyak ditemukan di Jakarta Selatan.

“Temuan JN.1 kasus tercatat sudah 41,” kata Maxi, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Maxi menyebut lima kasus merupakan sampel yang diambil selama periode 6-23 November 2023. Sementara 36 kasus lainnya ditemukan pada 1-12 Desember.

Dari 41 kasus itu, rincianya 30 kasus di Jakarta Selatan. Kemudian empat kasus di Jakarta Utara, tiga kasus di Jakarta Timur, dan empat kasus di Batam, Kepulauan Riau.

Maxi menyebut meyorutas pasien mengalami gejala ringan. Semua pasien juga telah ditangani oleh dinkes setempat.

“Gejala Ringan ya,” kata dia.

Adapun terkait varian JN.1 yang belakangan dikhawatirkan usai disebut menjadi pemicu lonjakan kasus di sejumlah negara, termasuk Singapura, Maxi meminta masyarakat untuk segera melangkapi Covid-19.

Selain melindungi diri dengan vaksinasi, Maxi juga meminta maysarakat untuk menerapkan penggunaan masker saat sakit atau pada tempat umum yang beresiko penularaaan covid-19, terutama bagi lansia dan penyandang komorbid.

“Segera periksakan diri jika sakit dan memiliki gejala covid-19 seperti deman, batuk, pilek, sesak nafas dan kalau tes Covid-19 psitif maka isolasi,” ujar Maxi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.