arnews.id
arnews.id Media Online

Juara FIBA World Cup, Jerman Cetak Sejarah

134

arnews – Jerman keluar sebagai juara FIBA World Cup 2023 usai mengalahkan Serbia dalam laga final di Mall of Asia Arena, Pasay, Filipina, Minggu (10/9).

Pertandingan antara Jerman dan Serbia berlangsung sengit sejak awal laga. Serbia yang mengawali poin lewat tembakan tiga angka Stevan Jovic tak bisa membendunng Jerman yang dimotori Dennis Schroder.

Selisih poin yang tipis meawarnai kuarter pertama. Serbia beberapa kali unggul, namun selalu bisa disusul Jerman. Tertinggal 23.26 pada kuarter pertama, Jerman terus mencoba menjaga jarak dengan Serbia. Schorder dan Franz Wagner mencoba lebih konsisten meraih poin.

Jerman yang nyaris selalu tertinggal, bisa memangkas kedudukan dan mempin tipis sebelum kuarter kedua berakhir imbang 47-47.

Pertandingan sengit berlanjut ke babak kedua atau kuarter ketiga. Setelah skor 55-53, Jerman menabung keunggulan. Permainan bertahan yang apik dari Jerman membuat Serbia sulit mengajar. Lay up Moritz Wagner membuat skor berjarak double digit untuk pertama kali pada kedudukan 64-53. Jerman lantas memimpin 69-57 pada kuarter ketiga.

Turnover dan akurasi yang menurun pada kuarter keempat membuat Jerman kehilangan menjaga jarak. Sebaliknya Serbia bisa menyerang lebih efektif.

Skor sempat berbeda dua poin saja pada keudukan 79-77 usai Marko Guduric sukses menjaringkan sua lemparan bebas untuk Serbia. Pada detik-detik akhir laga, Jerman bisa menjauh berkat poin yang dicetak Schroder. Skor akhir Jerman menang 83-77 atas Serbia.

Schorder yang menjadi kaptem tim Jerman mencetak 28 poin dalam laga ini. Sementara Wagner menymbang 19 poin. Disusul Johannes Voigtmann yang mengoleksi 12 poin.

Sementara dari Serbia Aleksa Avramovic menjadi penyumbang poin terbanyak dengan 21 poin, diikuti Bogdan Bogdanovic dengan 17 poin.

Ini merupakan kali pertama Jerman menyandang predikat juara dunia bola basket. Sekaligus sebagai negara ketujuh yang memenangi FIBA World Cup.

Leave A Reply

Your email address will not be published.