arnews.id
arnews.id Media Online

Jika Sudah Vaksin Lengkap Tak Perlu PCR-Antigen Untuk Naik Kereta Dan Pesawat

33

arnews  – Presiden RI Joko Widodo menyebut para pelaku perjalanan yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap tidak lagi perlu melakukan tes swab PCR atau Antigen.

“Bagi pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah dapat dosis lengkap tidak perlu lagi melakukan tes PCR maupun antigen,” kata Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5).

Selain melonggarkan aturan penggunaan masker, Jokowi juga membolehkan untuk masyarakat melepas masker ketika melakukan aktivitas di luar ruangan atau area yang tidak padat orang.

“Jika sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang maka boleh untuk menggunakan masker,” katanya.

Kebiijakan yang diambil oleh pemerintah ini setelah melihat dan mecermati perkebangan kondisi pandemic Covid-19 di Indonesia.

Pemerintah saat ini juga sudah mulai mempersiapkan scenario penanganan Covid-19 di Indonesia dari pandemi menuju endemi. Salah satunya adalah memperbolehkan masyarakat untuk mudik Lebaran 2022.

Disamping itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut Indonesia secara de facto sudah menuju ke arah endemi Covid-19 mengacu kepada angka kasus aktif, positivity rate, tingkat okupansi rumah sakit, dan angka kematian yang rendah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.