arnews.id
arnews.id Media Online

HAN : Anak Terlindungi Indonesia Maju

264

Cilegon, arnews –  Wakil Wali Kota Cilegon Sanuji Pentamarta hadir dalam acara Peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Kota Cilegon Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cilegon bertempat di Islamic Center Cilegon, Kamis (08/12).

Kegiatan yang mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” tersebut bertujuan sebagai bentuk kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa yang meliputi hak hidup, hak tumbuh dan berkembang, hak perlindungan dari kekerasan maupun eksploitasi dan hak untuk partisipasi.

Selain itu, dalam kegiatan itu juga dirangkaikan dengan Penandatanganan Deklarasi Sekolah Ramah Anak di satuan pendidikan sebagai upaya percepatan dan pengembangan kota layak anak di Kota Cilegon serta Komitmen Bersama Pencanangan Kelurahan Ramah Perempuan dan Peduli Anak (KRPPA) yang diikuti sebanyak 12 Kelurahan di Kota Cilegon yaitu Kelurahan Jombang Wetan, Panggung Rawi, Bagendung, Pabean, Cibeber, Tegal Ratu, Cikerai, Kotabumi, Purwakarta, Kalitimbang, Kotasari dan Bulakan.

Sanuji menyampaikan, “anak – anak ini sebagai generasi penerus bangsa dan sangat berharga untuk negara, kita harus bisa memenuhi hak anak sebab anak – anak juga memiliki hak yang sama seperti orang dewasa. Saya minta agar anak – anak Cilegon dapat terus dijaga dan diperkuat segala prestasinya, sehingga kedepan anak – anak Cilegon dapat menjadi anak yang berprestasi baik di tingkat provinsi, nasional maupun internasional,” katanya.

Lebih lanjut, Sanuji menghimbau kepada guru dan orang tua untuk selalu mengawasi pergaulan anak. “Tingkatkan keimanan, ketakwaan dan akhlak anak – anak kita jadikan sebagai pondasi sebab itu merupakan perintah dari konstitusi, dan untuk sekolah saya minta agar dapat meningkatkan pelajaran tentang ilmu agama dan jiwa kesatria agar anak – anak Cilegon dapat menjadi anak yang pemberani,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Cilegon Agus Zulkarnaen berharap peringatan Hari Anak Nasional ini dapat meningkatkan peran orang tua dan masyarakat dalam melakukan upaya perlindungan dan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-hak anak tanpa diskriminasi. “Saya berharap peringatan HAN ini dapat dijadikan momentum bagi orang tua untuk meningkatkan upaya perlindungan kepada anaknya serta dapat memberikan jaminan pemenuhan hak anak tanpa dengan kekerasan atau diskriminasi,” Ujarnya. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.