arnews.id
arnews.id Media Online

FIA : Pembalap Dari Rusia Harus Menggunakan Bendera Netral

1,060

arnews –  Federasi Internasional Automobil (FIA), pada selasa (1/3), mengatakan tidak melarang para pembalap yang berasal dari Rusia dan Belarusia untuk berkompetisi.

Pembalap dari Rusia dan Belarusia diperbolehkan untuk membalap dengan bendera netral (bendera FIA) dan tidak menggunakan simbol-simbol negara Rusia dan Belarusia , tidak menggunakan warna negara pada baju balap, peralatan, dan kendaraan balap, FIA memutuskan peraturan tersebut setelah menggelar pertemuan dengan World Motor Sport Council.

“Kita berdiri pada solidaritas dengan Leonid Kostyuchenko, Presiden dari federasi balap Ukraina (FAU) yang merupakan keluarga dari FIA,” kata Presiden FIA Mohammed Ben Slayem. “Kita sangat berharap untuk resolusi perdamaian untuk kesulitan yang meraka alami sekarang.” Tambahnya.

Keputusan dari FIA membuat driver F1 dari Rusia, Nikita Mazepin masih bisa mengikuti balapan F1. Mazepin sendiri dapat bekompetisi di F1 karena sponsor Utama dari timnya Haas adalah Uralkali yang merupakan perusahaan milik sang ayah.

Sebelumnya tim F1 Haas meluncurkan mobil balapnya dengan corak perushaan Uralkali (identik dengan warna bendera Rusia), memutuskan untuk merubah warna dan corak mobil balapnya dengan hanya memberi warna putih polos pada tes pramusim F1 di Barcelona.

Leave A Reply

Your email address will not be published.