arnews.id
arnews.id Media Online

Erick Thohir: Wasit Nakal Bisa Dihukum Seumur Hidup

102

arnews – Ketua Umum PSSI Erick Thohir kembali memberikan peringatan keras kepada wasit-wasit yang bertugas di Liga 1 dan Liga 2.

Menurut Erick Thohir, pihaknya tidak segan memberkan hukuman berat kepada wasit yang menyimpang dari tugasnya sebagai pengadil permainan yang baik.

Hal itu dijelaskan Erick menanggapi laporan Andre Rosiade sebagai wakil klub Liga 2 Semen Padang terkait penjunjukan wasit Liga 1 dan Liga 2.

Mengenai laporan tersebut semua pihak diminta bersabar dan tidak langsung menghakimi wasit tanpa bukti. Pasalnya sejauh ini PSSI sudah berupaya meningkatkan kualitas wasit dengan berbagai cara.

“Proses daripada check and balance harus kita lakukan. Wasit-wasit kita sudah benar-benar jaga, kita training, kita kasih asuransi, pendidikan. Ke depan juga ada VAR, beri kesempatan mereka,” kata Erick.

“Kedua kalau memang ada klub-klub yang merasa dirugikan, kita ada komdis dan hari ini komite wsit sudah mengumumkan beberapa wasit yang dihukum. Jado kota juga intropeksi diri,” ucap Erick.

Erick Thohir menegaskan pihaknya tidak akan pandang bulu terhadap wasit yang ‘nakal’. Terlebih lagi hukuman yang bisa diberikan PSSI kepada wasit nakal tidak main-main.

“Ketiga paling penting bagaimana juga membuktikan kalau wasit-wasit nakal. Yang pasti kita akan hukum seumur hidup dan pihak kepolisian sendiri sudah bicara empat wasit yang memang tadi dicurigai ada permainan, tapi kan domain pidananya tentu di kepolisian,” kata Erick.

“Satgas ini di bawah pimpinan Pak Ara [Maruarar Sirait] dan beberapa tokoh publik ini hal positif buat kami sebagai check and balance untuk PSSI membuka tabir yang selama ini tetutup ketika semua berasumsi ‘ada permainan itu’. Kita buktikan sama-sama, tapi saya mendukung, karena tidak mungkin ekosistem sepak bola kita bagus kalau permainan di lapangan masih terjadi,” tambah Erick.

Leave A Reply

Your email address will not be published.