arnews.id
arnews.id Media Online

Durian Dan Manfaatnya Bagi Tubuh

196

arnews.id – Kabar gembira bagi anda pecinta buah durian, karena ternyata buah durian tidak hanya enak disantap melainkan durian itu mengandung beragam vitamin, mineral, karbohidrat, lemak serta protein. Kandungan tersebut memberikan manfaat yang baik bagi Kesehatan anda.

Buah yang identik dengan duri dan aromanya yang khas ini diam – diam mengandung antioksidan yang cukup tinggi, bahkan di dalam 100 gram buah ini mengandung sekitar 27 gram karbohidrat, 4 gram serat, 1,5 gram protein, 5 gram lemak, vitamin A sebanyak 44 IU, vitamin C sekitar 20 mg, magnesium 30 mg, fosfor 39 mg dan mineral lainnya (ners.unair). kandungan inilah yang dipercaya dapat memberikan manfaat yang baik bagi Kesehatan tubuh anda.

Sedangkan kandungan dan manfaat durian seperti yang disebutkan tadi, bahwa durian itu mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Nah antioksidan itu sendiri dikenal sebagai zat yang dapat melindungi tubuh anda dari bahaya radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker dan penyakit jantung. Radikal bebas itu merupakan molekul yang muncul didalam tubuh sebagai reaksi sisa metabolisme dan radikal bebas ini akan meningkat jika anda merokok atau terpapar radiasi.

Manfaat lainnya ada serat yang terkandung di dalam durian. Serat dalam makanan yang terdiri dari buah, sayur dan biji-bijian utuh terbukti menurunkan kadar kolesterol, bagus untuk peredaran darah, serta baik untuk Kesehatan jantung. Durian juga mengandung kalium yang dipercaya dapat memberikan beragam kebaikan untuk tubuh, setidaknya terkandung 436 mg kalium didalam 1 buah. Kalium sendiri dapat membantu tubuh menjaga Kesehatan otot, tulang, saraf dan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Sedangkan bagi orang yang tidak memiliki masalah dengan gula darah, manfaat durian juga bisa didapat dari kandungan karbohidrat didalamnya. Karena dalam sebuah durian, terdapat sekitar 150 kalori, jumlah ini cukup untuk menjadi sumber makanan penambah energi yang mengenyangkan. Namun demikian, jika anda berlebihan dalam mengonsumsinya, dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, seperti perut terasa kembung, mual bahkan diare

Adapun hal yang perlu diperhatikan pada penderita diabetes, sebaiknya urungkan niat anda untuk makan durian, karena durian juga memiliki kadar gula yang tinggi, jadi ketika dikonsumsi oleh penderita diabetes tanpa pengawasan medis, berpotensi mengganggu kestabilan kadar gula darah. Selain penderita diabetes, ibu hamil dan menyusui juga disarankan untuk konsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum makan buah durian ini. Akan tetapi bagi para penikmatnya, manfaat durian diatas, akan menambah rasa cinta mereka untuk menikmati buah ini. Dan bagi yang sedang menjalani pola makan khusus menurunkan berat badan, sebaiknya membatasi konsumsi buah ini karena kalori yang terkandung dalam buah ini cukup tinggi, demikian juga halnya dengan orang-orang yang memiliki kondisi medis tertentu.(sumber dr.mira/22).Sy

Leave A Reply

Your email address will not be published.