arnews.id
arnews.id Media Online

Demi Ambil Ponsel Yang Terjatuh, Pejabat India Kuras Bendungan

220

arnews – Seorang pejabat pemerintah India di skors dari jabatannya, usai menguras dua juta liter air dari sebuah bendungan demi mengambil ponsel yang jatuh.

Pejabat Pengawas Makanan, Rajesh Vishwas, menjatuhkan ponselnya di bendungan Kherkatta di negara bagian chhtattisgarh, India tengah, saat berswafoto ketika berlibur pekan lalu.

Dilansir Indpendent, mulanya seorang penyelam sudah berusaha masuk ke dalam bendungan untuk mengambil ponsel senilai Rs100 ribu (setara 18 juta) itu.

Namun karena upaya tersebut gagal, Vishwas pun rela membayar pompa diesel demi mengosongkan bendungan.

Bandungan itu pun dikuras hingga tiga hari lamanya hingga menghabiskan dua juta liter air, yang cukup untuk mengairi 600 hektar tanah.

Penurasan bendungan baru dihentikan setelah pejabat dari Departemen Irigasi dan Sumber Daya Air mengunjungi lokasi tersebut.

Vishwas mengklain dia harus menyelamatkan ponsel itu karena berisi data pemerintah yang sensitive. Namun nahas meski berhasil ditemukan, ponsel pejabat India itu rusak dan tidak bisa dipakai lagi.

Selain ponsel yang rusak, pejabat itu juga harus menerima hukuman skors karena tindakannya.

Sebelumnya ia mengakui sudah meminta izin secara lisan untuk ‘mengalirkan air’ dari bendungan. Namun pejabat distrik setempat membantahnya.

Hakim Distrik Kanker, Priyanka Shukla, mengatakan Vishwas diskors dari jabatannya karena menyalahgunakan posisinya.

“Menyalahgunakan posisinya, dia menyia-nyiakan jutaan liter air di musim yang sangat panas. Ini adalah perilaku yang tidak dapat diterima dan tidak dapat dimaafkan,” kata Shukla.

Bukanya meminta maaf, Vishwas justru mengatakan para petani di sekitar bendungan akan mendapatkan dari banyak air.

Leave A Reply

Your email address will not be published.