arnews.id
arnews.id Media Online

China: Hak Warga Palestina Diabaikan Jadi Alasan Utama Perang Dengan Israel

75

arnews – China menanggap akar penyebab konflik hingga perang bekepanjangan antara Palestina dan Israel adalah pengabaian terhadap hak-hak warga Palestina, terutama soal hal untuk merdeka.

Beijing pun menegaskan dukungannya terhadap “keadilan rakyat Palestina dalam mempertahankan hak-hak mereka” kala perang Hamas vs Israel makin memanas.

Pernyataan itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri China Wang Yi saat menjamu menlu Iran Hossein Amir Abdollahian di Beijing pada Minggu (15/10).

“Akar penyebab konflik Palestina-Israel adalah hak rayat Palestina atad kenegaraan (merdeka) telah dikesampingkan sejak lama. China akan terus berpihak pada perdamaian dan mendukung sejak lama. China akan terus berpihak pada perdamaian dan mendukung perjuangan rakyat Palestina dalam menjaga hak-hak nasional mereka,” kata Wang dikutip dari AFP.

“Ketidakadilan bersejarah ini harus diakhiri sesegara mungkin,” tambah lagi.

Dalam kesempatan itu, wang menuturkan sempat bertelepon dengan Menlu Saudi, Pangeran Faisal bin Farhad untuk mendiskusikan situasi Palestina-Israel.

Dalam percakapan itu. Wang menuturkan Israel sekarang “di luar lingkup pertahanan diri” dan pemerintah Israel harus “menghentikan hukuman kolektif terhadap rakyat Gaza.”

“(Israel) harus mendengarkan dengan sungguh-sungguh seruan masyarakat internasional dan Sekretaris Jendral PBB, dan menghentikan hukuman kolektif terhadap rakyat Gaza,” tambah Wang.

Wang mengatakan kepada Pangeran Faisal bahwa “Semua pihak tidak boleh mengambil tindakan apa pun untuk memperburuk situasi dan harus kembali ke meja perundingan sesegra mungkin,” kata Wang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.