arnews.id
arnews.id Media Online

Bus Tanpa Awak Berkeliaran Di IKN Mulai 2025

94

arnews – Teknologi kendaraan canggih Ibu Kota Nusantara (IKN) bukan hanya mobil otonom dan taksi terbang. Otorita Ibu Kota Nusantra (OIKN) juga mengungkap rencana menerapkan bus tanpa awak di Nusantara, Kalimantan Timur.

“Diharapkan dengan uji coba yang mempuni, kita menerapkan Teknologi bus tanpa awak dalam 2-3 tahun kedepan,” kata Kepala OIKN Bambang Susantono dalam Rapat kerja dengan Badan Anggaran DPR di Jakarta, Senin (18/9), dikutip dari Antara.

Penerapan Teknologi ini dikatakan meliputi pengendalian dan pengoperasian bus tanpa awak. Bambang juga mengatakan harpannya peralatan yang digunakan di Nusantara nanti adalah Teknologi paling mutakhir.

OIKN menyediakan moda Transportasi bus dan sistem Bus Rapid Transit (BRt) sebagai moda Transportasi public pertama yang melayani mesyarakat di Nusantara.

Transportasi umum di IKN dirancang dapat dijangkau dengan mobilitas aktif sehingga perlu desain menyediakan layanan frekuensi tinggi menurut Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Jaringan bus diarahkan untuk mellayani penumpang dari jaringan jalan raya sekunder ke pusat Transportasi umum primer dan Sebaliknya. Daringan tersebut juga menghubungkan koridar tersier masa depan sebagai penyedia layanan jarak jauh99 first/last mile.

Sebelumnya OIKN juga sudah menyatakan bakal menguji coba mobil otonom dan taksi terbang di Nusantara pada tahun depan. Informasi terbarunya uji coba itu bakal dilakukan sebelum Hari kemerdekaan ke-79 pada 17 Agustus 2024.

OIKN bekerja sama dengan Hyundai Motor Group untuk pengembangan taksi terbang, skemanya kendaraan listrik otonom bakal mengantar penumpang ke helipad taksi terbang. Layanan ini bisa terjangkau warga menggunakan aplikasi ponsel.

Leave A Reply

Your email address will not be published.