arnews.id
arnews.id Media Online

Buro Happold: Pembangunan JIS Tak Sesuai Panduan Kami

198

arnews – Buro Happold buka suara soal polemic pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Buro Happod menegaskan pembangunan JIS tidak sesuai panduan mereka.

Melalui keterangan tertulisnya, Buro Happold mengklarifikasi peran dan kontribusi perusahaan dama Proyek JIS.

Buro Happold merupakan perusahaan jasa design, rekayasa, dan konsultansi. Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini.

“Buro Happold diminta untuk meninjau konsep design yang dipersiapkan oleh pihak lain, yang dalam hal ini adalah konsultan yang ditunjuk Jakkon. Hasil tinjauan perusahaan mengindetifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep design orisnil Buro Happod,” tulis Buro Happold dalam keterangan tertulis, Minggu (9/7).

Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian.

Menurut Buro Happold, pihak Jakkon meminta Buro Happold untuk membuat panuduan desain serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019.

Lingkup pekerjaan mencangkup persiapan untuk pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide), penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical an commercial assessment), konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion, serta peta jalan implementasi proyek.

“Selama masa pembuatan itu, perusahaan memastikan agar desain seluruh aspek yang berkaitan dengan srandar FIFA tepenuhi,” tulis Buro Happold.

Temuan soal hasil tinjauan perusahaan yang mengidentifikasi beberapa aspek yang ternyata tidak sesuai dengan panduan konsep desain orisinal dari Buro Happold ini telah disampaikan oleh Buro Happold dalam surat terpisah.

Bur Happold menyatakan perlu memberikan penjelasan lebih detil di laman resmi perusahaan mengenai ruang lingkup pekerjaan dalam proyek JIS guna menghindari kesalahan informasi dan presepsi.

“Agar public memahami secara utuh dan tepat mengenai peran Buro Happold,” demikian pernyataan Buro Happold.

Leave A Reply

Your email address will not be published.